LANGKAT - Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH yang juga selaku Kepala Mabicab Pramuka Langkat menghadiri Upacara Pembukaan pertemuan Pramuka penegak dan pandega ( Raimuna)  Daerah ke-VIII Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Utara, di Lapangan Alun-alun T. Amir Hamzah Stabat, Selasa (4/7/2023). H.Syah Afandin,SH disambutanya mengaku bahagia dan bangga  atas pelaksanaan kegiatan Raimuna daerah yang pada tahun ini di percayakan pada Kabupaten Langkat sebagai tempat penyelenggaraannya. 

"Saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara selaku Ketua Majelis pembimbing daerah gerakan Pramuka Sumatera Utara beserta rombongan salam masyarakat Langkat kami sampaikan," ujarnya. 

Afandin juga mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan pembina pendamping Raimuna daerah tahun 2023.

Ia menyebutkan Raimuna sebagai wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri meningkatkan kualitas dan pendorong kemajuan generasi bangsa. 

"Raimuna daerah sekarang ini kita laksanakan dapat menjadi ajang bagi para anggota pramuka penegak dan Pramuka Pangega untuk menambah dan berbagi pengetahuan keterampilan serta memperluas wawasan sebagai bekal pengembangan diri dengan motivasi dan pengalaman didapat selama pelaksanaan daerah ini," ujar Afandin. 

"Harapan kita bersama bahwa Kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses serta mencapai sasaran sebagaimana tujuan pelaksanaannya dalam menciptakan generasi yang berkualitas Mandiri, maju dan berkarakter dalam ikut serta mewujudkan Indonesia emas tahun 2045," tambahnya mengakhiri. 


Selanjutnya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayad dalam amanatnya menyampaikan Indonesia memiliki 3 Komponen untuk menjaga NKRI yakni Komponen utama, Komponen pendukung dan cadangan.

Pramuka adalah masuk di dalam komponen cadangan.  "Jadi komponen cadangan nanti, saya akan beritahu dengan waktu yang singkat karena tempat yang seperti ini saya berharap, dan  minta ini ditindaklanjuti  ketiga komponen, baik komponen cadangan, komponen pendukung itu adalah kesiapan-kesiapan seperti yang ada di lapangan ini.

Ada kesiapan-kesiapan di daerah, ada kesiapan-kesiapan nasional, ada kesiapan-kesiapan tempat-tempat latihan pramuka, ada kesiapan-kesiapan sumber daya alam yang menjadikan untuk mendukung komponen utama," jelasnya. 

"Karena itu adalah tuntutan sebagai komponen cadangan seperti adik-adik yang berdiri di depan saya adalah sebagai penegak dan pandega adalah yang sudah senior yang sudah memahami yang sudah mengerti inilah yang harus kita jadikan kesiapan-kesiapan. Saya ucapkan selamat mengikuti raimuna daerah ke VIII provinsi sumatera utara," pungkasnya.