LABUHANBATU - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2023 yang dibuka Sekretaris DP2KB Faoma Liana Dachi, AP. di Ruang Data Karya Kantor Bupati, Rabu (21/06/2023). Faoma mengatakan sesuai Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan keluarga bahwa Pemerintah Daerah wajib mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi mengenai pembangunan keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana. 
 
"Pendataan Keluarga Tahun 2023 ini akan dilaksanakan oleh kader pendata yang terlatih di wilayah Kabupaten Labuhanbatu untuk menghasilkan data berkualitas melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan, serta pemanfaatan data basis keluarga," katanya. 
 
Pada tahun ini dari 9 Kecamatan Kabupaten Labuhan Batu yang akan melaksanakan pemutakhiran pendataan keluarga hanya beberapa daerah di 6 Kecamatan yakni Kecamatan Rantau Utara dengan jumlah Kepala Keluarga yang akan diverifikasi sebanyak 5767 KK, Bilah Barat sebanyak 3841 KK, Bilah Hilir 2594 KK, Bilah Hulu sebanyak 2947 KK, Pakai Tengah 3044 KK, dan Panai Hulu 4495 KK. 
 
Kepada para peserta workshop, Faoma mengatakan, agar ada kerjasama yang baik dari kita semua mulai dari manajer pengelola, manajer data, supervisor, dan kader pendata Kabupaten Labuhanbatu untuk mendukung serta melaksanakan pemutakhiran pendataan keluarga di Kabupaten Labuhanbatu mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Juli 2023.
 
"Agar berjalan sesuai aturan yang ada dan menghasilkan data yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai dasar perencanaan kebijakan dan pelaksanaan operasional Program Bangga Kencana dan program pembangunan lainnya di Kabupaten Labuhanbatu," jelasnya. 
 
Ia berpesan untuk mendapatkan data yang benar dan valid agar pelaksanaan pemutakhiran pendataan keluarga ini dapat dilaksanakan secara By name by address, melakukan wawancara dari rumah ke rumah bukan hanya mendata di atas meja. 
 
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan pembekalan teknis oleh narasumber dari BKKBN Provinsi Sumatera Utara yaitu Agung RM Alamsyah, S. Kom, Ir. Mora suli, Hotlin hutjulu, A. Md. 
 
Turut hadir dalam kegiatan ini, Kabid Pengendalian Penduduk DP2KB Kabupaten Labuhanbatu Yulia Dana Saputri, S. Kep., Ners., para kader pendata, dan undangan peserta workshop lainnya.