PALAS -  Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Indra Yanitra Irawan S.I.K,.M.Si mepimpin apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) di halaman Mapolres setempat, Rabu (21/6/2023). Hadir pada apel Kasatkamling tahun 2023, PLT Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH dan Forkopimda, Pimpinan OPD, PJU Polres Palas, Ketua PAMK H Pauzan Hamidy Hasibuan.
 
Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan menyampaikan, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada awak Satkamling yang telah ikut serta membantu tugas Polri dalam menjaga kamtibmas.
 
"Ini merupakan wujud nyata peran serta dan kepedulian masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif," ucap AKBP Indra Yanitra Irawan.
 
Dikatakan, Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. 
 
Oleh karena itu, harap Kapolres melalui apel ini mampu menjadi peringatan dini terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.
 
"Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran satkamling itu sendiri, karena satkamling baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili," katanya.
 
Kata Kapolres, masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.
 
Ia juga berharap, agar awak satkamling senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. 
 
"Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat," harap Kapolres.
 
Usai apel Kasatkamling, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada dua desa dan kelurahan terbaik yaitu lingkungan II Kelurahan Pasar Sibuhuan dan Desa Tanjung Botung,Kecamatan Barumun.
 
Kasat Binmas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan,SH ditemui usai kegiatan apel Kasatkamling  berpesan, kepada seluruh ketua agar meningkatkan giat siskamling di wilayah masing-masing.
 
"Dengan adanya Siskamling, masyarakat dapat memiliki daya tangkal dan daya cegah yang handal dalam menanggulangi dan mencegah adanya gangguan kamtibmas, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," pesannya.
 
Ia menambahkan, terwujudnya situasi kamtibmas aman tidak terlepas dari andil dan partisipasi seluruh masyarakat.
 
"Kamtibmas yang aman dan kondusif tidak hanya ditangani atau menjadi tanggung jawab aparat keamanan saja, melainkan menjadi kewajiban bersama baik aparat maupun masyarakat," ungkapnya.
 
Sebelumnya Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH berpesan, kepada kepala desa dan pengkat desa bersama masyarakat untuk mendukung tercipta lingkungan desa yang aman, nyamam dan kondusif sehingga memberikan ketentraman di tengah masyarakat.
 
"Peran serta masyarakat dalam kegiatan pos kamling menjadi tolak ukur dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif," pesannya.