ACEH - Guna mengembangkan sektor pertanian Aceh Tenggara (Agara), Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (ATRMI) Agara siap membantu pemerintah. Selain mengembangkan potensi pertanian, AHTRMI Agara juga siap berdampingan dan membantu Pemkab Agara untuk mengembangkan potensi alam dan peternakan.

"Sesuai dengan visi-misi sebagai lembaga kemitraan, AHTRMI tentunya siap berdampingan dengan pemerintah setempat khususnya Pemkab AGARA, untuk membangun potensi alam, khususnya pertanian dan peternakan," ujar Ketua DPD AHTRMI AGARA Saiful Ilham Saraan di Kota Cane, Selasa (20/6/2023).

Sebagai lembaga nonprovit, sambung Alumni Institut Teknologi Medan ini, AHTRMI juga bekerja sama dengan tujuh Kementerian, antara lain Pertanian, Peternakan, Kehutanan, PUPR, Koperasi dan Pariwisata.

Ilham juga menyebutkan selain bekerja sama dengan pemerintah, juga dengan pihak ketiga (swasta) dalam hal pengembangan potensi alam termasuk penghijauan.

"Namun esensinya selain pemberdayaan potensi alam, juga konsep Indonesia hijau namun tidak terlepas dalam hal peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan petani," jelasnya.

Ilham kemudian menjelaskan tentang kekayaan alam Indonesia sebagai negara agraris, khususnya Provinsi Aceh yang memiliki kekayaan alam tiada tara.

Namun kata Ilham, dirinya sangat yakin akan kekayaan alam Aceh Tenggara, bisa dijadikan ikon pertanian dan peternakan di bumi serambi Mekkah Indonesia.

"Untuk itu kita berharap agar pemerintah setempat (Pemkab Agara) fokus memperhatikan petani khususnya dalam pengelolaan lahan, agar ke depannya AGARA surplus dengan ketahanan pangan," pungkasnya.