TOBA - Polsek Balige Jajaran Polres Toba bersama TNI dari Koramil 17/Balige Kodim 0210/TU dan Sat Pol PP Pemkab Toba gelar Patroli Gabungan Skala Besar di jajaran wilayah hukum Polres Toba tepatnya di Kota Balige Kecamatan Balige, Sabtu (17/06/2023) yang dimulai dari pukul 20.00 Wib hingga selesai. Kegiatan Patroli Gabungan Skala Besar di Wilayah hukum Polres Toba ini digelar Guna mencegah berbagai jenis Tindak Kejahatan C3 (Curas,Curat ,Curanmor) dan Balap Liar.

Dalam pelaksanaan kegiatan operasi dipimpin langsung oleh Plt. Kapolsek Balige AKP.Sintong Simanjuntak selaku Penjab Wilayah didampingi Kasatlantas Polres Toba IPTU.RT Gunawan Siahaan selaku Pawas, KBO Sat Narkoba IPDA Zulkifli selaku Padal, Koramil 17/Balige dan Satpol PP Toba di bawah Komando Kasat Pol PP Pemkab Toba Harianto Butarbutar,SE.

Selama pelaksanaan operasi Tim gabungan berpatroli dimulai rutenya dari Jl. Sisingamangaraja Balige - Jl. By Pass Longat, Jl. By Pass Longat - Jl. Hinalang Balige, Jl. Hinalang Balige -Jl. Lumban Silintong dari Jl. Lumban Silintong Kembali ke Mako Polsek Balige.

Plt Kapolsek Balige AKP.Sintong Simanjuntak dalam penjelasannya kepada awak media menyampaikan,
“ di malam pelaksanaan kegiatan operasi Polsek Balige jajaran Polres Toba yang bekerja sama dengan Koramil 17/Balige Kodim 0210/TU dan Sat Pol PP Pemkab Toba telah melaksanakan Patroli gabungan Skala Besar.

AKP.Sintong Simanjuntak juga menjelaskan, selama pelaksanaan giat dilapangan seluruh personil yang tergabung menjalankan tugas dengan Sopan dan Humanis serta tidak bertindak arogan guna menghindari kesalahan dan pelanggaran sekecil apapun selama melaksanakan tugas operasi.

Dalam pelaksanaan patroli gabungan tim juga menemui sekelompok anak milenial yang sedang mengisi malam akhir pekannya.tim juga melakukan silaturahmi dengan beberapa tokoh masyarakat dan mengajak untuk tetap bergandeng tangan menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah lingkungan desa masing masing sebagai wilayah Hukum Polsek Balige jajaran Polres Toba.

“kegiatan operasi besar yang kita gelar juga sebagai wujud nyata akan Sinergitas TNI dan Polri bersama Pol PP Pemkab Toba untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dilingkungan masyarakat” Ungkap AKP Sintong Simanjuntak.

Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb, S.H,S.I.K melalui Kasi Humas AKP.Bungaran Samosir saat di konfirmasi www.gosumut.com membenarkan telah dilaksanakan Patroli Gabungan Skala Besar di Wilayah hukum Polres Toba oleh Polsek Balige dengan Tim Gabungan bersama Koramil 17/Balige Kodim 0210/TU dan Sat Pol PP Pemkab Toba.

Disebutkannya, Tujuan kegiatan digelar dalam rangka antisipasi dini akan terjadinya berbagai tindak kejahatan di jalanan seperti Curat, Curas dan Curanmor berikut opersai kenderaan yang menggunakan knalpot brong serta antisipasi Balap Liar sebagaimana Kabupaten Toba salah satu kawasan Destinasi Pariwisata.

Di pelaksanan patroli yang digelar di wilayah Kecamatan Balige tim gabungan menyasar berbagai tempat yang dianggap rawan akan terjadinya berbagai tindak kejahatan diantaranya Tempat Hiburan Malam (Cafe), ruas jalan Rawan Balap Liar dan beberapa tempat yang dicurigai rawan akan peredaran gelap Narkoba.

Ditambahkannya, Polres Toba di bawah Komando Bapak Kapolres AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dalam peran tugas dan fungsinya Polri di masyarakat tetap komitmen mengutamakan dan mengedepankan pelayanan kemanan dan ketertiban yang kondusif aman dan terkendali bagi warga, khusunya para warga yang datang dari berbagai wilayah untuk menikmati liburan wisata di Kab.Toba secara khususnya di malam akhir pekan.