TOBA - Perkumpulan Putra Putri Desa Nalela (PPDN) memberikan untuk peningkatan pelayanan dan fasilitas pendukung bagi sekolah SD Negeri No.173653 Nalela Kecamatan Porsea, Toba, Sabtu, (17/6/2023). Bantuan diserahkan Maruhum Aldo Sirait,S.H,M.H bersama Jekson Panjaitan, Tigor Manurung, Ramli Sitorus mewakili anak rantau putra putri dari Desa Nalela serta beberapa orang Putra Putri Desa Nalela yang tinggal di Desa Nalela.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak,SE, Kepala UPTD Kecamatan Porsea Jumri Simanungkalit,S.IP mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Toba Rikardo Hutajulu,S.Pd.M.Pd, Ketua Komite Sekolah, Leo Sitorus serta para orang tua siswa/i serta disaksikan beberapa warga desa Nalela lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Maruhum Aldo Sirait, memberikan hadiah uang bagi para juara kelas mulai dari juara kelas I sampai kelas VI.

Juara 1 mendapatkan hadiah Rp500.000, juara 2 Rp300.000 dan juara 3 Rp 200.000. Sedangkan siswa lainnya, mendapat Rp50.000 serta para guru juga menerima donasi.

Maruhum yang berprofesi pengacara dan pengusaha di Jakarta ini menyebutkan, bantuan yang diberikan ini merupakan donasi dari para PPDN di perantauan di antaranya baju olahraga, hadiah uang, pembangunan Kamar mandi serta sumur bor untuk kebutuhan kebersihan dipimpin Kepala sekolahnya Syafaruddin Sitorus.

Maruhum, pemberian bantuan ini sebagai dukungan dan rasa peduli putra putri Desa Nalela akan upaya peningkatan pelayanan dan fasilitas pendukung pendidikan di SD Negeri No.173653 Nalela sebagai sekolah asal mereka dulu menimba ilmu.

Serta itu juga untuk mendorong dan memoltifasi siswa untuk belajar demi mengejar cita citanya di masa depan.

Tigor Manurung anak rantau putra dari Desa Nalela juga menyampaikan, untuk meningkatkan pembelajaran PPDN juga merencanakan akan memberikan pembelajaran ekstrakulikuler Bahasa Inggris dan matematika.

Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak,SE dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih atas perhatian kepedulian dan dukungan anak rantau PPDN yang memberikan beberapa bantuan fasilitas pendukung sekolah utamanya.

"Untuk peningkatan fasilitas dan pelayanan pendidikan di daerah haruslah kita bergandengan tangan antara pemerintah Daerah dengan Putra Putri Daerah di perantauan yang telah maraih sukses seperti yang dilaksanakan oleh Putra Putri Desa Nalela (PPDN) untuk peningkatan pelayanan pendidikan di sekolah dalam menciptakan putra putri daerah Toba yang unggul dan bersinar," ujarnya.

Pihaknya berharap, PPDN ini bisa menjadi contoh bagi anak rantau lainnya di wilayah NKRI maupun di Luar Negeri.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Toba melalui Kepala UPTD Kecamatan Porsea Jumri Simanungkalit,S.IP mengapresiasi kepedulian yang diberikan kepada sekolah SD Negeri No : 173653 Nalela.

Kepala sekolah Sekolah SD Negeri 173653 Nalela Syafaruddin Sitorus mengatakan di tahun
2023 ini sekolahnya menerima bantuan dari PPDN diantaranya pembangunan 1 unit toilet dengan 2 kamar, lengkap dengan 1 unit sumur bor dan mesin pompa airnya untuk fasilitas air bersih sekolah. Selain itu juga ada baju olah raga bagi siswa kelas I sampai kelas V.