SIBOLGA - Wakil Walikota Sibolga, Pantas Maruba Lumbantobing menyambut baik penerapan yang dilakukan  Polres Kota Sibolga dengan membentuk polisi RW/Lingkungan. Hal itu disampaikannya ketika menghadiri acara Launching dan Pengukuhan Polisi RW/Lingkungan (Dusanak) di lapangan Mapolres Kota Sibolga pada Selasa (6/6/2023).

Menurut Pantas, kehadiran dan fungsi Polisi RW/Lingkungan yang akan betugas di seluruh lingkungan di Kota Sibolga sudah barang tentu akan dapat lebih menciptakan kekondusifan ditengah-tengah masyarakat. Pasalnya masyarakat nantinya akan merasa terlindungi dari segala macam bentuk aksi tindak kejahatan serta perlindungan hukum.

"Masyarakat akan merasa terlindungi dengan kehadiran Polisi di tiap lingkungan, meskipun kita ketahui Polres Kota Sibolga tetap menciptakan kekondusifan di Kota Sibolga," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Kota Sibolga, AKBP Taryono dalam sambutannya menyampaikan ada sebanyak 88 personel yang akan ditempatkan di setiap lingkungan se-Kota Sibolga, ditambah 11 personel Bhabinkamtibmas sebagai koordinator pelaporan. 

“Saya berharap keberadaan Polisi RW mampu menjadi fasilitator, untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan mampu memberikan informasi maupun mencari informasi, dengan memperhatikan berbagai situasi yang ada di masyarakat," sebutnya.

Lanjut AKBP Taryono mengajak semua pihak untuk mendukung program ini, semoga ke depan ruang silaturahmi antara Polri dan seluruh elemen masyarakat semakin solid. 

Disela kegiatan tersebut, Polres Kota Sibolga menyerahkan penghargaan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Sibolga atas dedikasi dan loyalitas kerjasama sebagai narasumber Bidang Komunikasi dan Sosial kepada Polisi RW/Lingkungan (Polisi Dusanak) Polres Sibolga.