MEDAN - Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) dari daerah Pemilihan XII (Binjai-Langkat) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pertanggung-jawaban pelaksanaan APBD Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2022. Pada Kunker tersebut Anggota DPRD-Sumut meninjau langsung pengerjaan proyek peningkatan jalan lintas di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.
 
H, Ajie Karim didampingi Hendro Susanto kepada wartawan Selasa (6/6/2023), mengatakan bahwasanya proyek yang ditinjau adalah sejumlah proyek jalan yang bersumber dari anggaran Rp2,7 triliun yang telah mulai dikerjakan di tahun 2022. 
 
Dari data yang diperoleh Ada 62 paket yang tersebar di kabupaten/kota, terdiri dari pekerjaan jalan, saluran drainase maupun pembangunan jembatan/box culvert
 
H Ajie Karim menjelaskan dari 62 paket proyek yang di kerjakan oleh Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumatera Utara (BMBK Sumut) selama tahun 2022 ada beberapa ruas jalan yang dikerjakan di daerah Kota Binjai dan Kabupaten Langkat. 
 
Untuk Kota Binjai pembangunannya terbagi dalam tiga segmen. Segmen satu dari Gapura perbatasan Binjai - Langkat sepanjang 850 meter, kemudian segmen dua sepanjang 350 meter dan segmen tiga dengan panjang 1.250 meter dari simpang Padang Cermin sampai simpang Pasar II Begulda.
 
Sementara di Kabupaten Langkat diketahui ada beberapa item pekerjaan yang dilaksanakan diantaranya adalah peningkatan Kapasitas Jalan Provinsi Ruas Jalan Tg Pura-Tj Selamat 5,78 km, Peningkatan Struktur Jalan Provinsi Ruas Jalan Tj Selamat-Sp 3 N Unggas 1,70 km. Pemeliharaan Berkala Jalan Provinsi Ruas Jalan Sp Durian Mulo-Namo Ukur 1,10 km dan Pembangunan Saluran Drainase/ Gorong-gorong pada jalan provinsi sepanjang 4.000 meter.
 
H Ajie Karim mengungkapkan bahwa perbaikan jalan di Langkat ini tentu sangat dibutuhkan dan dinanti oleh masyarakat terutama pengguna jalan. 
 
"Tentu perbaikan jalan dan peningkatan jalan provinsi yang dilaksanakan oleh Provsu di Kabupaten Langkat ini sangat dibutuhkan masyarakat pengguna trasportasi. Selain itu diharapkan usai pengerjaan jalan selesai masyarakat yang akan berwisata ke Kabupaten Langkat juga dapat lebih nyaman dalam menggunakan jalan tersebut," ujar H Ajie Karim.
 
Kunker ini turut dihadiri seluruh anggota Dewan Dapil XII di antaranya H.Ajie Karim, Hendro Susanto, dr Meriahta Sitepu, Sugianto Makmur, Amd,Li, Edy Surahman Sinuraya, H Zainuddin Purba SH, Putri Susi Meilani Daulay, SE, Ricky Anthony, Muhammad Andri Alfisah dan Rudi Alfahri Rangkuti, SH,MH dan Rajali Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut sebagai ketua tim OPD pendamping.