PALAS - Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar pelatihan bendahara keuangan daerah dilingkungan pemerintah, di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Senin (5/6/2023). Tujuan kegiatan pelatihan bendahara guna meningkatkan pengelolana keuangan yang lebih baik dan profesional berlangsung empat hari mulai 5-9 Juni 2023. Diikuti seluruh bendahara SKPD jajaran Pemkab Palas.
 
Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH membuka kegiatan pelatihan diwakili Sekda, Arpan Nasution S.Sos mengatakan, pemerintahan yang bersih dan baik menuntut para pengelola keuangan dapat bekerja sesuai dengan tuntutan masyarakat.
 
"Proses penyelenggaraan  pemerintah harus akuntabel serta transparan sehingga perlu meningkatkan kualitas dan profesionalitas aparatur sipil negara (ASN)," katanya.
 
Dikatakan, seluruh  bendahara keuangan di organisasi pemerintah, lanjutnya menghadapi faktor dan pengaruh eksternal dan internal yang menimbulkan ketidakpastian dalam pencapaian organisasi. Akibatnya berdampak terhadap sasaran organisasi dan resiko. 
 
"Untuk itu, dibutuhkan  kemampuan dan profesionalisme yang tinggi, karena merupakan kunci sentral dalam pengelolaan organisasi," ungkap Sekda.
 
Ia juga mengingatkan, setiap bendahara harus memahami tugas dan fungsinya dapat meminimalisir kesalahan dalam pelaksanaan tugas, sehingga terhindar dari masalah kerugian pada negara akibat melanggar hukum.
 
Sementara itu, Kepala BKPSDM Palas, Drs.Irwan Halomoan Hasibuan, MM mengatakan, pelatihan ini diikuti para bendahara keuangan setiap SKPD di lingkup kerja jajaran Pemkab Palas.
 
Diharapkan, melalui  pelatihan ini, tentu semua peraturan-peraturan yang ada bisa diimplementasikan agar pelaksanaan pengelol keuangan berjalan baik dalam mendukung kemajuan  pembangunan.
 
“Dengan memahami tugas sesuai aturan ketentuan peraturan, tentu ASN sebagai bendahara di SKPD, tidak akan menghadapi  masalah," tegasnya.
 
Kegiatan Pelatihan pengelolaan keunagan menghadirkN narasumber dari Widya Swara BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Normalia Zubair, S.STP, M.Si Kabid Pengembangan Kompetensi tekhnis umum Fungsional BPSDM, Anovia Syafitri Harahap SE MM,Analis Pengembangan kompetensi BPSDM Provsu, Yuswar Efendi SE, M.Si, Widya Swara Madya dan Drs. Muhammad Kahfi M.Si, Widya Swara Madya.