LANGKAT - Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH memberikan hadiah umrah bagi hafizah 30 Juz Alquran, Dwi Nur Rizky yang peraih juara 3 dalam Perlombaan STQ  di perguruan Tinggi Al-Adzhar Medan. "Sebagai bentuk apresiasi saya akan memberikan hadiah umrah untuk ananda Dwi. Harapan saya semoga kedepannya banyak prestasi-prestasi yang bisa di capai anak santri - santri Ulumul Qur'an," ujarnya saat menghadiri Khatamil Quran dan wisuda perpisahan santri/ santriwati di Pesantren Ulumul Qur'an Stabat, Rabu (31/5/2023). 
 
Syah Afandin juga menyampaikan selamat atas capaian prestasi yang diraih dengan tetap memacu semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya sesuai dengan cita-cita. 
 
"Salam hormat juga saya sampaikan pada seluruh orang tua wali santri karena telah memilih pendidikan berbasis agama sebagai penguatan dalam menciptakan generasi yang tidak saja beriman dan berilmu," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, Pemkab Langkat sangat menaruh perhatian akan pendidikan baik yang bersifat formal maupun informal, termasuk pondok pesantren Ulumul Qur'an yang banyak melahirkan para Hafiz Hafizah yang telah mengharumkan nama Kabupaten Langkat. 
 
Perwakilan unit tahfiz Ulumul Qur'an, Ustad Fauzul Khoir Ritonga, S.Pdi menyampaikan terimakasih pada seluruh pihak yang terkait yang telah mensukseskan acara ini sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar. 
 
"Wisuda tahfiz terakhir kita adakan pada tahun 2019 di pondok pesantren Ulumul Qur'an dengan berbagai macam wisudawan/ wisudawati ada yang 12 juz 5 tahun, ada yang 4 jus 2 tahun, serta ada juga yang 20 juz 5 tahun yang mengkhatamkan Alquran," jelasnya. 
 
"Alhamdulillah pada tahun ini kembali bisa kita laksanakan acara wisudawan/wisudawati dan Alhamdulillah pada Tahun ini sebanyak 32 orang santri kita lulus Perguruan Tinggi Negri tanpa melalui tes," ujarnya.
 
Sementara, Ketua yayasan Pondok Pesantren Ulumul Qur'an, H. Muhammad Iqbal, S, Sos menyampaikan 4 tahun sebelumnya acara khatamil quran rutin dilaksanakan, terhenti karena adanya wabah Covid. 
 
"Dan hari ini kita mulai lagi acaranya khatamil quran serta perpisahan Santri/santriwati kita. Kami juga ingin menyampaikan bahwasanya Ulumul Qur'an  dari awal berdiri sampai hari ini berkomitmen untuk menghasilkan hafizh/hafidzah, qori/ qoriah yang memiliki standar bacaan yang baik, hafalan yang bisa dipertanggungjawabkan," ucapnya.