PALAS - Badan Kerjasama Antar Desa (BLAD) Kecamatan Lubuk Barumun menggelar sosilisasi pengunaan aplikasi IDN dan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM), Rabu (31/5/2023) di Aula Kantor Camat Lubuk Barumun. Peserta yang mengikuti sosilisasi penerapan pengunaan aplikasi sistim informasi digital berbasis desa atau Indonesia Diaspora Network (IDN) untuk mewujudkan indonesia cerdas, 24 Kepala Desa ditambah 1 orang perangkat desa.

Kegiatan pengunaan aplikasi IDN dan pendataan IDM menghadirkan narasumber dari Tenaga Ahli Kabupaten di dampingi Pendamping Kecamatan (PD) Kecamatan Lubuk Barumun, Mangasa Nasution.

Camat Lubuk Barumun,Sulaiman Harahap diwakili Sekcam, RH Adday Robi Harahap, SH membuka kegiatan pengunaan aplikasi IDN dan pemutakhiran IDM mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan memberi wawasan bagi para kepala desa dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan di tingkat desa.

"Dengan mengunakan aplikasi IDN didukung data IDM tentu dapat mengetahui data secara akurat tentang program desa yang dapat menentukan langkah strategis untuk tepat sasaran dalam memajukan pembangunan desa," katanya.

Ia berharap, peranan pendamping desa sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat menjadi tolak ukur untuk mengumpulkan dan menyusun data yang akurat.

Diharapkan, para kepala desa dan perangkat desa di Kecamatan Lubuk Barumun dapat memahami pentingnya pengunaan aplikasi IDN dan pemutakhiran data IDM guna memperoleh informasi serta keterampilan yang diperlukan untuk mengumpulkan juga mengelola data dengan baik.

Sementara itu, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Lubuk Barumun, Mangasa Nasution mengatakan, dengan adanya data akurat, tentu pembangunan di tingkat desa dapat berjalan lebih efektif, efisien, terarah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Pengunaan aplikasi IDN dan pemutakhiran IDM ini menjadi unsur penting dalam mendorong kemajuan desa yang dampaknya dirasa oleh warga untuk memacu kemajuan desa kedepan," terangnya.

Ditambahkan, dengan adanya data akurat setiap desa, tentu program yang disusun akan lebih efeisien yang memberikan kontrubusi bagi kemajuan desa kedepan.