PALAS - Badan Kerjasama Antar Desa (BLAD) Kecamatan Barumun Selatan menggelar sosilisasi pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM), Selasa (30/5/2023) di Aula Kantor Camat Barumun Selatan.
Kegiatan IDM menghadirkan narasumber Tenaga Ahli bidang Pemerdayaan Masyarakat Desa, Gontar Halomoan Harahap ST di dampingi Pendamping Kecamatan (PD) Kecamatan Barumun Selatan, Adlan Ansor Hasibuan dan Saima Siregar.

Pj.Camat Barumun Selaatan, Sainal Abidin Nasution melalui Kasi Pelayanan, Ali Basri Nasution membuka kegiatan pemutakhiran IDM mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan memberi wawasan bagi para kepala desa dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan ditingkat desa.

"Pemutahiran data IDM sangat penting untuk mengetahui data secara akurat yang dapat menentukan langkah strategis untuk menyusun program yang tepat sasaran dalam memajukan pembangunan desa," katanya.

Tenaga Ahli bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Gontar Halomoan Harahap memaparkan, dalam pemutahiran data IDM,peran Pendamping Desa (PD) sangat penting untuk mengumpulkan dan mengelola data yang diperlukan.

"Peranan pendamping desa sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat menjadi tolak ukur untuk mengumpulkan dan menyusun data yang akurat," tegasnya.

Diharapkan, para kepala desa dan pendamping desa di Kecamatan Barumun Selatan dapat memahami pentingnya pemutakhiran data IDM guna memperoleh informasi serta keterampilan yang diperlukan untuk mengumpulkan juga mengelola data dengan baik.

Kata Gontar, dengan adanya data akurat, tentu pembangunan di tingkat desa dapat berjalan lebih efektif, efisien, terarah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua BKAD Kecamatan Barumun Selatan, Ali Akbar Nasution berharap, kegiatan pemutakhiran IDM ini menjadi unsur penting dalam mendorong kemajuan desa yang dampaknya dirasa oleh warga.

"Dengan adanya data akurat setiap desa,tentu program ya g disusun akan lebih efeisien yang memberikan kontrubusi bagi kemajuan desa," ungkapnya.

Peserta kegiatan, para kepala desa serta pengurus APdes Kecamatan Barumun Selatan, Sekdes dan operator desa.