PALAS - Pemkab Padanglawas menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115 dengan tema Semangat Untuk Bangkit, di halaman Perkantoran Komplek SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Senin( 22/5/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Plt Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH dan Komandan Peltu,Aspan Rangkuti dari Koramil 08 Barumun.

Peserta upacara, seluruh ASN jajaran Pemkab Palas, PGRI, Kopri, TNI- Polri,Satpol PP, KNPI, IPK, Organisasi Mahasiswa dan pelajar tingkat SLTA.

Plt Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH membacakan amanat Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika, Moh.Mahfud.MD,melalui peringatan 115 Hari Kebangkitan Nasional mari kita jadikan gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjafi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Dikatakan, sejak itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indinesia sebsgai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur.

"Ada 3 tujuan utama kebangkitan nasional ,pertama, memerdekan cita -cita kemanusian, kedua, memajukan nusa dan bangsa dan ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia," kata Plt Bupati mengutip amanat Plt Menteri Kominfo RI.

Dimasa ini, lanjutnya, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api "Semangat Untuk Bangkit" demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan ditingkat regional dengan mengusung tema "Asean Matters Epicentrum Of Growth", ungkap Plt Bupati menyampaikan harapan Plt.Menteri Kominfo.

Dikesempatan itu, Plt Bupati berharap, kepada seluruh elemen masyarakat khusus di Kabupaten Palas,melalui peringatan Hari Kebangkit Nasional ke 115 ini jadi momentum untuk dimaknai sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pendemi.

"Mari kita maknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai perjuangan bersama Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Pers, Komunitas dan seluruh elemen bangsa saling berkolaborasi menerapkan nilai persatuan dan kesatuan," ajaknya.

Ia menambahkan, dengan adanya kolabarorasi semua elemen tentu mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, prekonomian hingga geopolitik sekalipun.

Plt Bupati juga menyampaikan ajakan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Moh Mahfud MD untuk seluruh komponen bangsa agar terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukan kerja keras, kerja cerdas, kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkekanjutan.

"Bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang dan harapan menjadi penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa," tutupnya mengakhiri amanat Plt Menteri Kominfo RI.

Hadir di upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115, Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan,SIK,M.Si, Perwira Penghubung, Kapten Inf,Anhar Jusar,Ketua PN Sibuhua, Ketua Pengadilan Agama, Sekda, Arpan Nasution, Kepala Rutan Klas II B diwakili Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi T.Halomoan Sinaga,SH dan staf ,Kajari Palas,Teuku Herizal,SH dan jajaran Pimpinan OPD Pemkab Palas.