TOBA - Hujan deras bercampur tiupan angin puting beliung yang kencang terjadi di kabupaten Toba mulai pukul 16.30 Wib Sabtu, (20/05/2023). Akibat derasnya curah hujan mengakibatkan beberapa ruas jalan di Kabupaten Toba terendam banjir demikian juga dengan kota Balige.banjirnya ruas jalan di kota Balige akibat curah hujan ditengarai karena tidak lancarnya air merembes masuk ke saluran paritan disepanjang tepian jalan.
 
Disebutkan beberapa warga kota Balige kepd www.gosumut.com disaat curah hujan deras tadi sore,bnjirnya jalann kita Balige jug ditambah beberapa ruas paritan yang mampet akibat tumpukan sampah yang menutupi saluran parit.
 
Tidak sampai disitu pantauan www.gosumut.com di sepanjang ruas Jalan Negara Lintas Sumatera (Janlinsum) Laguboti - Tambunan menuju Kota Balige dibeberapa titik ruas jalan juga mengalami banjir dikarenakan suluran paritan tepi jalan tidak berfungsi dengan baik menampung dan menyalurkan air hujan.
 
Akibat curah hujan yang bercampur tiupan angin puting beliung yang sangat kencang dari sore pukul 16.30 Wib hingga pukul 20.00 Wib juga menghancurkan puluhan rumah penduduk Desa di desa Lumban Gaol Tambunan Kecamatan Balige dengan menerbangkan atap seng rumah penduduk hingga puluhan sampai ratusan Meter jauhnya.
 
Salah seorang warga desa setempat yang berhasil di konfirmasi www.gosumut.com via selulernya Nikson Tambunan (48) menyebutkan, peristiwa atap rumah terbang dan hancur di desa Lumbangaol Tambunan terjadi mulai pukul 17.00 Wib tadi sore akibat kencangnya tiupan angin puting beliung bercampur dengan curah hujan yang sangat deras bagaikan air yang di tumpahkan dari langit.
 
Akibat rumah warga yang atapnya terbang akibat terjangan angin puting beliung membuat semua isi rumah menjadi basah, baik barang elektronik maupun pakaian yang tersimpan didalam lemari hingga rumah mengalami banjir.saat ini kami para warga sedang berdiskusi untuk melakukan tindakan lebih lanjut untuk menolong para korban.
 
Disebutkan Nikson Tambunan, untuk jumlah korban yang atap rumahnya hancur akibat terjangan angin puting beliung belum bisa di pastikan jumlahnya berapa.namun disebutkan Nikson Tambunan untuk korbannya kemungkinan +_ dari 10 unit rumah penduduk semuanya di desa Lumban Gaol Tambunan.dalam peristiwa ini hingga saat ini kami ketahui tidak ada menelan korban nyawa.sebutnya.
 
Ditambahkannya, sulitnya melakukan pengecekan jumlah korban dikarenakan saat ini masih dalam cuaca hujan deras dan sudah gelap (malam) makanya belum bisa didata untuk diketahui.namun untuk lebih pastinya bisa nanti diketahui dari Kepala Desa Lumban Gaol kemungkinan sedang sibuk mendata dan melakukan evakuasi warganya yang korban akibat hantaman tiupan angin puting beliung yang kencang tadi sore hingga malam.
 
Ketika peristiwa ini hendak di konfirmasi www.gosumut.com kepada kepala desa Lumban Gaol Edward Tambunan via selulernya hingga beberapa kali dihubungi tidak mengangkat selulernya demikian juga Camat Balige Pantun Josua Pardede,SSTP kemungkinan karena sedang sibuk di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan evakuasi dan pengamanan para korban.