PALAS  – Dalam rangka menegakkan kedisiplinan terhadap peraturan atau tata tertib serta kerapian para siswa, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas melakukan razia rambut usai kegiatan apel pagi, Jumat (19/5/2023) di halaman madrasah.

Bagi siswa yang rambutnya panjang atau modelnya kurang pantas akan ditindak dan siswi harus memakai pakai seragam sekolah yang sopan sesuai aturan dan memakai jilbab.

Kepala MTsN 1 Palas, Hj Mahyarni Junida Naaution,S.Pd.MA mengatakan, razia rambut dan kerapian seragam sekolah dilakukan untuk menanamkan budaya bersih, rapi dan sehat. 

"Setiap siswa ditanamkan harus disiplin tentang kebersihan dan kerapian agar selalu membiasakan diri tertib," katanya didampingi guru bidang kesiswaan, Ustad Baginda.

Penarapan pola hidup bersih, sehat dan rapi terus diterapkan ke siswa, lanjutnya Mahyarni, guna memcerminkan kepribadian yang peduli kebersihan, kerapian dan kesehatan serta mentaati tata tertib madrasah.

"Setiap siswa yang berambut panjang dan dengan model yang kurang pantas,diberikan tindakan sesuai aturan madrasah," ujarnya.

Kata Mahyarnu, setiap selesai apel pagi, guru bidang kesiswaan memerikasa  siswa yang tidak tertib dan disiplin. Jika kedapatan tidak mencerminkan kepribadian yang baik akan dikumpulkan dihalaman madrasah untuk diberi teguran dan peringatan untuk diberi saksi.

"Diberlakukannya tata tertib beserta sanksinya ini, diharapkan siswa yang melanggar agar dapat mengikuti aturan madrasah karena ini merupakan pembelajaran bagi siswa  agar tidak mengulanginya lagi dilain waktu," tutupnya.