PALAS - Jamaah calon haji (Calhaj) Kabupaten Padanglawas (Palas) yang akan berangkat haji ke Tanah Suci Mekkah tahun 2023 sebanyak 387 orang. Satu di antaranta berusia 92 tahun. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padanglawas, H. Abdul Manan, MA melalui Kepala Seksi Haji, H. Abaror Hasibuan, S. Pd.
 
Dikatakan, ditahun ini bagi calhaj usia diatas 
65 tahun menjadi prioritas berangkat haji tahun ini.
 
Menurut Abaror Hasibuan, keberangkatan jamaah calon haji dari kabupaten Padanglawas tahun 2023 atau 1444 H untuk sementara ini sudah  berjumlah 387 orang, di antaranya termasuk 19 orang lansia, 5 persen dari jumlah jamaah.
 
"Jumlah calon jemaah haji yang berangkat tahun ini asal Kabupaten Palas sementara ini sudah mencapai 387 orang, kemungkinan bisa bertambah," terangnya, Kamis (16/5/2023).
 
Dari 387 calhaj yang akan  berangkat ketanah suci mekkah dari Palas tahun ini,sudah termasuk 215 orang yang tertunda keberangkatannya tahun 2022 lalu, termasuk lanjut usia sebesar 5 persen dari jumlah keseluruhan calon jemaah haji.
 
Kata Abror, batasan usia yang akan diberangkatkan haji di musim haji tahun ini termasuk lansia dengan usia 65 tahun ke atas. Untuk Kabupaten Palas terdapat  19 orang lansia dengan batas usia 65 tahun ke atas.
 
Sementara informasi keberangkatan calon jamaah haji dari Padanglawas, menurut rencana akan di berangkatkan pada tanggal 23 Mei 2023 atau 03 Djulqaidah 1444 H.
 
Pihak Kemenag Palas berharap, jumlah kuota calhaj yang akan berangkat haji asal Kabupaten Padanglawas diharapkan masih bisa bertambah, baik calhaj reguler ataupun Calhaj lanjut usia (Lansia).