ASAHAN - Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait memberikan edukasi kepada masyarakat cara mendidik anak agar terhindar dari pergaulan bebas. Edukasi itu disampaikannya kepada sejumlah wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan saat mengunjungi Kantor PWI Asahan, Rabu (10/5/2023).
 
Arist mengajak para orang tua agar senantiasa memberikan perhatian yang dalam terhadap anak, agar anak terhindar dari malapetaka.
 
"Kepada para orang tua agar selalu dekat kepada anak, siap menjadi tempat curhatan anak dan siap menjadi panutan yang baik terhadap anak," tuturnya.
 
Selain dari itu, sambungnya, orang tua juga harus tahu pergaulan anak, senantiasa memberikan pendidikan yang baik untuk anak terutama di bidang agama.
 
"Jangan pernah bosan untuk memberikan nasihat yang baik untuk anak, selalu ingatkan anak agar tidak melakukan hal negatif. Semua itu demi terhindarnya kekerasan dari anak yang kita cintai. Untuk itu hati-hatilah," katanya dengan tegas.
 
Arist juga mengucapkan terima kasih kepada wartawan terutama kepada PWI Kabupaten Asahan yang senantiasa bekerja sesuai kode etik dalam pemberitaan tentang anak.
 
"Saya harap jangan pernah lelah dalam menjalankan tugas sebagai wartawan terutama pemberitaan pengungkapan soal kekerasan terhadap anak," harapnya.
 
Ucapan Arist Merdeka Sirait ditanggapi oleh Ketua PWI Kabupaten Asahan, Indra Sikoembang. Dirinya beserta para pengurus dan anggota PWI Kabupaten Asahan siap menjalankan tugas terutama pemberitaan pengungkapan kasus kekerasan terhadap anak sesuai dengan kode etik jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA).
 
"Selaku insan pers, tentunya pemberitaan pengungkapan kasus kekerasan terhadap anak sudah menjadi tanggung jawab kami. Pastinya kami siap menjalankan tugas kami sesuai dengan kode etik jurnalistik dan PPRA," kata Indra.
 
Indra pun komitmen, siap memberitakan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan terkait dengan pentingnya mendidik anak agar tidak salah pergaulan hingga terjerumus dalam lembah kemaksiatan yang dalam hal ini anak menjadi korban.
 
Sebagai Ketua PWI Kabupaten Asahan, Indra juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum Komnas PA yang tak pernah lelah berupaya dan ngotot dalam meminimalisir kekerasan terhadap anak.
 
"Terimakasih kepada Ketua Komnas Perlindungan Anak yang selalu hadir di tengah masyarakat dalam meminimalisir kekerasan terhadap anak. Hingga berkenan hadir ke Kabupaten Asaha dan juga meluangkan waktu mengunjungi Kantor PWI Asahan," ucapnya mengakhiri.