PALAS - Polres Padanglawas (Palas) bersama PW Rumah Sahabat Dai Sumut dan unsur Forkopimda Kabupaten melaksanakan Gerakan Subuh Keliling (Gasuling ) di Palas. Gasuling tersebut mengusung tema "Kerukunan terjalin  akidah terjamin," berlangsung di Masjid Nurul Jannah Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (6/5/2023).
 
Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan,SIK,M.Si mengucapkan, puji syukur atas kehadiran Allah SWT, yang mana masih diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga dapat melaksanakan sholat Subuh berjamaah keliling.
 
Ia berharap, melalui pesan -pesan kegiatan Gasuling ini nantinya dapat  meningkatkan toleransi antar umat beragama. 
 
"Jauhi faham radikalisme, jauhi narkoba, tertib dalam berlalu lintas, bijak dalam menggunakan media sosial, serta patuhi protokol kesehatan," harap AKBP Indra Yanitra.
 
Kapolres juga berpesan, para jemaah sholat Subuh apabila memiliki informasi atau pesan-pesan Kamtibmas agar segera menginformasikan melalui japri Kapolres secara langsung.
 
Sebelumnya, Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH mengatakan atas ridho dari Allah SWT, masih memberikan kesehatan dan keselamatan sehingga dapat melaksanakan sholat Subuh berjamaah di Masjid Raya Miftahul Jannah Pasar Sibuhuan,Kecamatan Barumun.
 
Ia berpesan, melalui  kegiatan Gasuling ini diharapkan agar tausyiah ceramah agama yang  sampaikan ustad dapat memberikan manfaat, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Palas.
 
"Saya berharap kegiatan Gasuling terus berjalan karena ini merupakan kegiatan yang sangat baik," harapnya.
 
Dikesempatan itu, Ketua PW Rumah Sahabat Dai Sumut, Ustadz Dodi Mahendra,S.Hi mengaku sangat bersyukur dengan terselenggaranya kegiatan ini. 
 
Ustadz Dodi juga menyampaikan, agar saling menghargai antar umat beragama dan harus saling toleransi untuk tidak mencampuri agama orang lain, namun saling menghormati.
 
"Kerukunan ummat beragama harus kita jaga bersama dan tetap waspada pemahaman pemecah belah karena saat ini telah masuk tahun politik," katanya.
 
Ia juga berharap, ditahun politik ini, agar tidak saling mencelah dan saling menjatuhkan satu dan lainnya tetapi tetap menjaga kekondusifan yang memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat.
 
Sementara Ustad Drs.H.M.Samin Pane,MA dalam tausyiahnya mengajak agar meningkatkan ketaqwaan agar tidak menjadi manusia yang sombong dan angkuh dengan jabatan yang dimiliki karena sewaktu -waktu akan berganti.
 
"Mari kita meningkatkan ketaqwaan, keimanan, ikhlas dan tawaduk kepada Allah SWT karena dengan bertaqwa kejahatan tidak akan terjadi," ujarnya.
 
Ia berpesan, sekecil apapun perbuatan yang baik dan tidak baik akan dicatat nantinya akan mendapat balasan dari Allah SWT.
 
Diakhir kegiatan Gasuling dilakasanakan doa bersama yang dipimpin Al Ustad Drs.H.M.Samin Pane,MA diikuti seluruh jamaah.
 
Hadir dikegiatan Gusuling tersebut, Plt Bupati Padanglawas,drg H.Ahmad Zarnawai Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si, Sekda Arpan Nasution,S.Sos,Ketua PW Rumah Sahabat  Dai Sumut, Ustadz Dodi Mahendra, Sekretarisnya, Ustadz Syarbani Syam, S.Ag.S.Pdi serta penceramah, Al Ustad Drs.H.M. Samin Pane.
 
Tampak juga Ketua MUI Palas, H.Ismail Nasution,Lc,MTH,Pimpinan OPD, PJU Polres Palas, Santri Ponpes Al Mukhlisin Sibuhuan dan masyarakat Kelurahan Pasar Sibuhuan.