LANGKAT - Badan Pusat Statistik (BPS) Langkat menggelar forum konsultasi publik (FKP) di Aula Kantor Desa Suka Rakyat, Kecamatan Bohorok, Rabu (3/5/2023). Kegiatan yang bertujuan mendapatkan data akurat warga yang kurang mampu ini, melibatkan tim verifikasi pendataan kepala desa dan kepala dusun hingga tokoh masyarakat.

Kegiatan bertema "Satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat” dibuka Kepala Desa (Kades) Suka Rakyat Sucipto Aminoto, dan Asisten Fasilitator dari Badan Pusat Statistik, M.Syukur.

M.Syukur, menerangkan, pihaknya telah melakukan pemeringkatan tingkat kesejahteraan baik melalui aplikasi maupun skoring dengan menggunakan beberapa variabel.

Pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosnek) yang digelar serentak tahun 2022 merupakan upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan data tersebut pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

Namun Pihaknya tidak memungkiri adanya kesalahan saat melakukan pendataan baik itu yang dikarenakan faktor dari pencacah maupun responden.

“FKP ini nantinya finalisasi untuk dapat memperoleh data base sesuai dengan tingkat kesejahteraan,” jelasnya.

Sementara Sucipto Aminoto mengatakan data Regsosek sangat penting dalam rangka perlindungan sosial. Oleh karena itu forum konsultasi publik tersebut dapat momentum untuk menginisiasi data terbaik

Ia menjelaskan FKP ini melibatkan unsur kepala dusun dan pihak BPS dalam melakukan pendataan sesuai tingkat kesejahteraan.

"Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan," ujarnya.

Untuk diketahui kegiatan Regsosek ini dilaksanakan mulai 2 – 21 Mei 2023  secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.