TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5/2023). Peringatan Hardiknas yang digelar di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige ini diawali dengan upacara nasional, dilanjutkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan pentas seni.
 
Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya mengajak seluruh instansi terkait di lingkungan Kabupaten Toba untuk terus memacu gerakan belajar merdeka dalam mempersiapkan SDM yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
 
Hal ini lanjutnya seiring dengan berbagai tingkat kemajuan digitalisasi tehnologi yang semakin meningkat pesat. 
 
"Tentunya, dalam mewujudkan pembangunan nasional di berbagai lining sektor pembangunan tentunya bangsa ini harus memiliki kader kader muda bangsa yang mumpuni serta memiliki tingkat pemikiran yang lebih pintar dan bijaksana. Semua ini demi mewujudkan  kesejahteraan masyarakat yang lebih baik kedepannya," sebut Bupati.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Toba, Rikardo Hutajulu,S.Pd,M.Pd menyampaikan Hardiknas tahun 2023 mengusung thema "Serentak bergerak, wujudkan merdeka belajar dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, wujudkan Toba unggul dan bersinar".
 
Peringatan Hardiknas tahun 2023 yang berbarengan dengan Hari Otonomi Daerah ke XVII tahun 2023 maka acara perayaan Hardiknas tahun 2023 tingkat Kab Toba dirayakan secara bersama sama. 
 
Rangkaian kegiatan acara ini berlangsung hikmat dan meriah dengan berbagai penampilan atraksi seni dan budaya tradisional Batak Toba oleh para anak didik tingkat TK,SD, SMP dan SMA se Kab.Toba. Selain itu juga diberikan berbagai penghargan kepada siswa berprestasi yang meraih juara di berbagai ajang lomba tingkat nasional dan internasional.
 
Beberapa unsur Pimpinan Forkopimda Toba dalam kesempatan tersebut bersama dengan Bupati Toba Poltak Sitorus dan Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K memberikan beasiswa pendidikan kepada para pelajar yang berhasil meraih prestasi. 
 
Turut dihadiri Sekda Toba, Drs.Augus Sitorus dan jajaran Pejabat sekretariat Pemkab Toba, sejumlah unsur pimpinan Forkopimda, pimpinan perusahaan BUMN/BUMD serta undangan lainnya.