TAPTENG - Hujan deras disertai badai terjadi di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara mengakibatkan sedikitnya 7 rumah mengalami kerusakan, pada Jumat (28/4/2023) sore. Peristiwa longsor tersebut berada di dua titik lokasi, untuk lima rumah terjadi di komplek perumahan Cemara Asri, tepatnya di Jalan Abdul Rajab Simatupang, Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kondisi rumah tersebut mengalami kerusakan di bagian dapur hingga rata dengan tanah. Dalam peristiwa tersebut tidak satupun barang yang berada di dapur dapat diselamatkan.

Sementara untuk dua rumah lainnya terjadi di perumahan Sekolah Matauli Pandan, yang berada di Jalan Raja Junjungan Lubis, Kelurahan Sibuluan Indah, Kecamatan Pandan.

Dari dua unit rumah terkena longsor satu diantaranya mengalami kerusakan parah, akibat terjangan pohon dan lumpur dari perbukitan sekitar rumah.

Sementara, Waka Polres Tapteng, Kompol Kamaluddin Nababan yang didampingi Kasubbag Humas Polres Tapteng, Akp H Gurning dan sejumlah pihak BPBD Pemkab Tapteng mengimbau masyarakat sekitar tetap waspada apabila ada longsor susulan.

"Dari kejadian ini beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah," timpal Waka Polres Tapteng.*