TOBA - Pastikan arus balik mudik dan Libur Lebaran 2023 berjalan aman, lancar dan terkendali dengan baik Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Jawari,S.H,M.H, Senin, (24/04/2023) turun meninjau dan mengecek secara langsung akan berbagai pelayanan di pelabuhan penyeberangan Ajibata Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba. Kedatangan Brigjen Pol. Drs. Jawari, SH, MH orang nomor Dua di jajaran Polda Sumut ini tepat di dihari ketiga (H+3) masa libur lebaran 1 Syawal 1444 H tahun 2023 ini turut serta disambut dan didampingi oleh Kapolres Simalungun AKBP.Ronald Sipayung, Kasat Bimnas Polres Toba IPTU Nelson dan Kapos Sektor Ajibata IPDA Sudung Siringoringo

Terpantau di lapangan, setibanya Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Jawari,S.H,M.H bersama beberapa orang rombongan timnya dari Polda Sumut di pelabuhan Ajibata, Kunjungan Wakapolda Sumut dan rombongan disambut langsung oleh General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Persero Danau Toba, Heru Wahyono dan Koordinator Wilayah Kerja Ajibata Carter Panggabean,S.H.

Dalam sambutan dan arahannya Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Jawari, SH, MHenghimbau serta meminta supaya seluruh operator dan pengusaha Kapal di Kawasan perairan Danau Toba wajib mengutamakan pelayanan keselamatan masyarakat/wisatawan serta jangan memaksakan pelayaran dilakukan jika memang situasi dan kondisi tidak benar benar memungkinkan atau mendukung dengan baik untuk dilaksankan pelayaran kapal,"tegas Brigjen Pol. Drs. Jawari.

Kepada para petugas jaga di setiap pelabuhan penyeberangan secara khusus dengan tegas Brigjen Pol. Drs. Jawari juga meminta, khusus kepada para petugas jaga yang ada diseruap pelabuhan penyeberangan supaya tidak mengizinkan kapal untuk berlayar jikalau memang kapal yang bersangkutan tidak memiliki dokumen ijin resmi.

Tak luput Brigjen Pol. Drs. Jawari juga menegaskan, terkhusus terhadap kapal kapal tradisional yang melakukan pelayaran transportasi di tegaskannya supaya dilakukan peningkatan pengawasan terhadap Kapal tradisional dan jangan mengizinkan kapal berlayar jika melebihi muatan.tehasnya.

Kepada para pengusaha operator dan speed boat Brigjen Pol. Drs. Jawari juga berpesan dengan tegas untuk tetap komitmen menjaga dan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para wisatawan disaat dan selama menggunakan srana wahana permainannya di atas perairan Danau Toba.semua operator khususnya pengusaha harus memperhatikan kelengkapan alat keselamatan serta kelayakan kapal untuk di operasikan".tegasnya.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danau Toba dalam sambutan dan laporannya dihadapan Wakapolda Sumut dan roambilongan lainnya yang turut sertaendampingu Wakpolda Sumut menyebutkan, "untuk lintasan Ambarita Ajibata PT.ASDP mengoperasikan dua unit Kapal berkapasitas isi muatan 32 unit kendaraan roda Emlat dan 23 kendaraan roda Dua,"ujar Heru Wahyono kepada Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Jawari,S.H,M.H.

Terpisah sekaitan dengan keberadaan dan kayakan kapal Tradisonal yang beroperasi di perairan Danau Toba sebagai salah satu sarana angkutan transportasi penyeberangan Koordinator Wilayah Kerja Ajibata Carter Panggabean menjelaskan, terkait keberadaan dan kelayakan kapal tradisonal yang beroeprasi di Perairan Danau Toba oleh Kantor Kesyhbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh Kapal tradisional yang berlayar.

Untuk kelanjutannya dalam tugas pelaksanaan dan oengawasan ya di lapangan KSOPP terus melakukan monitoring angkutan lebaran disejumlah pelabuhan yang ada dinkawasan erairan Danau Toba. baik dipelabuhan tradisional maupun dipelabuhan penyelenggaraan," sebut Carter Panggabean dihadapan Wakapolda Sumut Brigjen Pol.Drs.Jawari,S.H,M.H.