PALAS  - Mangalomang atau memasak beras ketan pakai bambu atau istilah masak lemang sehari menjelang Lebaran (H-1), adalah salah satu ciri khas orang Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) termasuk Kabupaten Padanglawas (Palas) yang terus terpelihara. Sedangkan Tabagsel ada 5 kabupaten kota yang terletak di provinsi Sumatera utara, yakni Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Tapanuli Selatan (Tapsel), Padanglawas (Palas), Padanglawas Utara (Paluta) dan Kota Padangsidimpuan, istilah mangalomang sudah menjadi tradisi secara turun temurun di daerah tersebut.
 
Tradisi Mangalomang H-1 lebaran ini, sudah berlangsung secara turun temurun bagi warga Tabagsel, seperti yang diucapkan tokoh adat Kabupaten Palas, Sutan Parlindungan Hasibuan.
 
"Tradisi mangalomang menjelang Lebaran Fitri, itu sudah tidak bisa dipisahkan bagi warga Tabagsel, soalnya tradisi itu sudah sejak nenek moyang kita di Kabupaten Palas ini," kata Sutan Parlidungan di Sibuhuan, Jumat (21/4/2023).
 
Terpisah, kaum ibu-ibu, warga Kecamatan Sosopan yang memasak lemang atau memasak beras ketan pakai bambu dan santan atau seperti yang di katakan orang Tabagsel adalah Mangalomang mengatakan, sudah menjadi bagian dan  kewajiban bagi warga Tabagsel khususnya Kabupaten Palas, jika menjelang hari raya Idul Fitri.
 
"Mangalomang itu untuk warga Palas  ini rasanya itu, sudah menjadi tradisi secara turun temurun karena bermanfaat membangun ikatan batin sesama warga yang terus terpelihara dengan baik dalam ikatan kekeluargaan," tandas Saidah Harahap, warga Desa Sosopan yang diamini kalangan ibu rumah tangga lainnya.