PALAS - Puluhan supir angkutan umum yang melintas di Pos Pengamanan Mudik Lebaran Polres Padanglawas (Palas) menjalani tes urine yang dilakukan Satresnarkoba Polres Padanglawas. Tes urine bagi setiap supir angkutan umum tersebut bekerjasama dengan tim tenaga kesehatan dan gabungan lainnya, Kamis (20/4/2023) di Pos Pengamanan I, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Kecamatan Barumun.
 
Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK, M.Si melalui Kasat Narkoba, AKP Agus M Butar - Butar.SH mengatakan, kegiatan tes urine bagi para pengemudi bus angkutan umum sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kejadian kecelakaan lalu lintas di momentum mudik lebaran.
 
Dikatakan, melalui kegiatan tes urine, diharapkan dapat menambah kenyamanan bagi penumpang selama dalam perjalanan mudik mengunakan bus angkutan umum.
 
"Pos Pengamanan lebaran ini berfungsi juga menjadi tempat Istirahat jika lelah atau capek dalam perjalanan mudik lebaran," kata Agus.
 
Ia juga mengingatkan para pemudik yang mengunakan mobil pribadi atau sepeda motor agar selalu mengutamakan keselamatan berlalu lintas untuk selamat sampai tujuan mudik ke kampung halaman.
 
Agus juga berpesan, para supir bus angkutan umum usai mengikuti kegiatan tes urine di pos pengamanan agar mengemudikan kendraan dengan tertib dan tidak ugal-ugalan dijalan agar selamat selama dalam perjalanan.
 
Sebelumnya, kegiatan tes urine juga telah dilakukan di Pos PAM lebaran di Desa Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa kemarin.
 
Hasil pelaksanaan kegiatan tes urine yang digelar selama dua hari mulai 19-20 April 2023, ada sebanyak 40 orang supir bus yang menjalani tes urine.
 
"Hasil tes urine terhadap puluhan supir angkutan umum, tidak ditemukan pengemudi kenderaan angkutan bus angkutan umum yang positif menggunakan narkoba," ucap Kasat Narkoba Polres Palas.
 
Dari hasil tes urine terhadap supir bus angkutan umum, kata dia, hasilnya semua negatif, atau tidak ada ditemukan pengguna narkoba.
 
"Diharapkan, ke depan para supir angkutan umum tidak mengonsumsi narkoba yang dapat membahaya penumpang yang mengunakan jasa angkutan umum mudik lebaran sehingga merasa nyaman dan terhindar kecelakaan lalu lintas dijalan raya," pungkasnya.