LABUHANBATU - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara membentuk Layanan Posko Mudik Lebaran 1444H Tahun 2023. Dalam hal tersebut, bekerjasama dengan PMI Kabupaten di MTS Negeri 2 Labuhanbatu Jl.WR Supratman KM 3.5 No 206, Kabupaten Labuhanbatu, Senin (17/04/2023). Ketua PMI Sumut diwakili oleh Sekretaris Drs. Edi Siswanto M.Si mengatakan, layanan Posko Mudik lebaran tersebut, secara umum bertujuan sebagai media memasyarakatkan PMI dalam meningkatkan layanan Kepalangmerahan kepada masyarakat, mengembangkan pelayanan ambulans yang lebih profesional dan melayani masyarakat dalam bidang kemanusiaan.
 
Menurutnya, sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan sosial dan kemanusiaan sesuai dengan Amanat UUD No 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan. Di mana PMI Sumatera Utara bekerjasama dengan PMI Kabupaten Labuhanbatu, PMI Kabupaten Labuhanbatu Utara dan PMI Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam membentuk Layanan Posko Mudik Lebaran 1444H tahun 2023 tersebut.
 
Pada posko mudik lebaran ini, sesuai tema diusung adalah "Tetap Sehat, Mudik Selamat" yang dijadwalkan secara resmi kegiatan posko mudik lebaran 1444 H, dibuka pada tanggal 17 April 2023 ini, dengan melibatkan 100 orang pengurus/staf/relawan dengan dimulai dari H -7 s/d H+7 idul Fitri 1444 H atau dari tanggal 16 April 2023 s/d 28 April 2023.
 
Melalui tujuan khusus, kata dia, membantu masyarakat/pemudik yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan hingga membantu masyarakat/pemudik dalam memberikan layanan tempat istirahat yang aman dan nyaman sekaligus membantu Pemerintah dan masyarakat dalam memberikan pelayanan Ambulance emergency menuju fasilitas kesehatan.
 
"Iya, Posko mudik lebaran Palang Merah Indonesia memberikan pelayanan kepada pemudik dengan jenis pelayanan seperti pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan pertolongan pertama, pelayanan ambulance, Rest Area dan Posko PB", terangnya.
 
Dalam kegiatan acara Posko Siaga Lebaran Palang Merah Indonesia Sumatera Utara turut hadir yakni, Ketua Bidang Organisasi Chairil Siregar, Kepala Markas PMI SUMUT Ade Yudiansyah, SH,MH, didampingi Ketua PMI Labuhanbatu Muhammad Rusli SH, MS beserta pengurus.
 
Kemudian, Ketua PMI Labuhanbatu Utara Drs. Syofyan Yusma M.Si, Ketua PMI Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ferry Andhika Dalimunthe, ST, beserta pengurus dan pengurus PMI Tanjung Balai.