PALAS - Keluarga besar Almarhum DR (HC) Maslin Batubara yang juga Owner PT Mazuma Agro Industri (MAI) salurkan bantuan zakat mal ke kaum dhuafa di enam desa, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Senin (17/4/2023) di Aula Kantor Camat Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas (Palas). Bantuan zakat mal tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan kepedulian sosial ke masyarakat  di bulan suci ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri 1444 H.
 
Masyarakat penerima zakat mal dari PT MAI  tersebar di enam desa yaitu Desa Sungai Korang, Desa Hutaraja Tinggi, Desa Pasar Panyabungan, Desa Panyabungan, Desa Mananti Sosa Jae dan terakhir  Desa Aliaga, Kecamatan Hutaraja Tinggi.
 
Zakat mal tersebut diserahkan oleh H.M.Hidayat Batubara selaku Direktur PT MAI didampingi Area Manager Mujiono Putra, SP, Ir.Edwin (Pinbun Batari), Indra Irawan (Pinbun Huragi) dan Humas Basaruddin Hasibuan S.Sos.
 
"Zakat mal keluarga besar Alm DR (HC) Maslin Batubara, untuk kaum dhuafa di enam desa menjadi agenda tahunan setiap ramdhan dan menjelang Idul Fitri sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat," kata H.M.Hidayat Batubara.
 
Kata Hidayat, didalam rezeki usaha yang dikelola terdapat didalamnya rezeki masyarakat khususnya kaum dhuafa.Untuk itu sewajarnya kita menyalurkannya karena kita berusaha dan bekerja diwilayah ini.
 
"Jalinan hubungan silaturrahmi dan sanak famili di enam desa ini sudah menjadi bagian dari keluarga Almarhum DR (HC) Maslin Batubara," terangnya.
 
Ia menjelaskan, kaum dhuafa yang menerima zakat mal dari perusahaan yang tersebar di enam desa tersebut berjumlah 114 orang.
 
Hidayat berharap, bantuan yang disalurkan bermanfaat dan dapat digunakan untuk meringan beban masyarakat dibulan suci ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H untuk memenuhui kebutuhan keluarga.
 
"Batuan ini diharapkan dapat diguna dengan baik bagi keluarga penerima zakat mal dari keluarga besar Alm DR (HC) Maslin Batubara," harap H.M.Hidayat.
 
Ia meminta, seluruh instrumen perusahaan tetap mendoakan pihaknya dalam berusaha tetap sehat dan tetap mendapat keuntungan serta kemajuan, sehingga dapat berbagi di pertemuan ramadhan mendatang.
 
"Kita saling merasakan kebahagian bersama di bulan ramadhan ini dan menjelang idul fitri sebagai bagian dari keluarga besar PT MAI," pungkas Hidayat.
 
Dikesempatan itu, Tokoh Masyarakat Kecamatan Hutaraja Tinggi, H.Darwin Hasibuan mengucapkan, terimakasih kepada keluarga besar almarhum H.Maslin Batubara sebagai bapak angkat plasma enam desa yang telah menyalurkan pembagian zakat mal ke masyarakat.
 
"Kegiatan penyaluran zakat mal ini menjadi agenda tahunan PT MAI yang dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan," terangnya.
 
Masyarakat tetap berharap, kegiatan kepedulian ini terus ditingkatkan dan menjalin hubungan silaturahmi yang semakin erat antara masyarakat dan perusahan kedepannya.
 
"Masyarakat sangat bahagia menerima zakat mal perusahaan. Semoga hubungan antara anak dan bapak angkat yaitu PT MAI semakin baik dan terus harmonis," ungkap Darwin Hasibuan.
 
Sementara salah seorang penerima zakat mal, Marni Dahlena (48) warga Desa Mananti menyampaikan, zakat mal yang diterima setiap warga sebesar Rp 1juta.
 
"Kita sangat bersyukur atas bantuan ini,dan selalu berdia agar keluarga besar Alm H.Maslin Batubara terus diberikan kesehatan dan rezeki untuk selalu berbagi dengan masyarakat," tutupnya.
 
Hadir di kegiatan penyaluran zakat mal PT MAI tersebur, Camat Hutaraja Tinggi, Sudaryono S.Sos dan Tokoh Masyarakat serta ratusan masyarakat penerima bantuan zakat mal dari keluarga besar Alm DR (HC) H.Maslin Batubara.