MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berbuka puasa bersama para mahasiswa Institut Deli Husada Deli Tua. Pada kesempatan tersebut Edy Rahmayadi Ingatkan pentingnya keseimbangan budi pekerti dan akademik. Menurut Edy Rahmayadi, ilmu memang sangat penting bagi mahasiswa, tetapi harus dibarengi dengan akhlak yang mulia. Terutama bagi tenaga kesehatan yang terjun langsung melayani masyarakat.

"Harus seimbang antara akhlak dan akademik, apalagi kalian nanti bekerja membantu masyarakat kita," kata Edy Rahmayadi di Auditorium Institut Deli Husada Deli Tua, Jalan Besar Deli Tua Nomor 77, Minggu (16/4/2023).

Salah satu yang bisa melatih akhlak manusia, menurut Edy Rahmayadi, adalah mendekatkan diri kepada Tuhan. Karena itu, Edy Rahmayadi berpesan agar mahasiswa tidak lupa untuk meningkatkan ibadahnya.

"Jangan tinggalkan ibadah, terus dekatkan diri kepada Allah, dan juga ingat orang tua kalian yang banyak berkorban untuk pendidikan kalian," kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Rektor Institut Deli Husada Deli Tua Johannes Sembiring menambahkan, 73% mahasiswa perguruan tingginya beragama Islam. Mereka berbaur dan bekerja sama dengan mahasiswa non-Muslim lainnya.

"Sebanyak 5.732 total mahasiswa di sini, 3888 Muslim, itu sekitar 73% dan mereka bekerja sama, berbaur di sini," kata Johannes Sembiring.

Hadir pada acara berbuka bersama ini antara lain Kepala LLDikti Wilayah 1 Saiful Anwar Matondang, Direktur Utama RS Grand Medistra Arif Sujatmiko dan Direktur Utama RS Sembiring Alprindo Sembiring. Hadir juga para dosen, Institut Deli Husada Deli Tua dan Institut Grand Medistra Lubuk Pakam serta OPD terkait.*