MEDAN - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Yaskum Indonesia Sumatera Utara menggelar bakti sosial (baksos) khitan massal gratis bagi belasan anak di Kota Medan, Sabtu (15/4/2023). Kegiatan yang digelar di sekretariat Yaskum Sumut, Jalan Tusam ini berkolaborasi dengan komunitas pecinta lagu-lagu nostalgia atau Nostalgia Lovers Club (Novel).
 
Ketua Yaskum Sumut, Sri Wahyuni Nukman menyebutkan Yaskum yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan ini akan menghadirkan beragam program untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Seperti, khitanan massal ini akan menjadi salah satu agenda rutin.
 
"Kerja-kerja kita, ke depan juga masih banyak program yang akan digelar. Kebersamaan dan kepedulian terhadap yang membutuhkan terutama bagi yang kurang mampu," ujarnya seraya menambahan program lainnya ditargetkan terkait dalam pendampingan masalah hukum. 
 
Selanjutnya Sri Wahyuni Nukman menambahkan bahwa kehadiran Yaskum Indonesia di Sumatera Utara ini juga membawa misi yang bertujuan membangun manusia berkarakter, cerdas dan mermartabat. 
 
Sunat massal yaskum
 
Sementara Ketua Umum Novel, H Muhajar Koto SKM MKM yang juga ahli anastesi menyebutkan kegiatan baksos ini merupakan perdana digelar, setelah ia bergabung dengan Yaskum Sumut.
 
"Jadi saya mau coba membuat kegiatan-kegiatan di Yaskum ini berupa bakti sosial. Nanti kita akan membuat operasi-operasi gratis, membuat lagi bagaimana pelayanan kesehatanlah. Karena kebetulan saya kan di bidang kesehatan. Jadi saya selalu melakukan bakti-bakti sosial yang membantu orang-orang yang tidak mampu, orang miskin kaum duafa yang tidak mampu melalukan tindakan misalnya harus berbayar. Ini sengaja kita gratiskan," ujarnya.
 
Dia menyebutkan, dalam sunat maasal ini menggunakan laser sehingga pendarahannya minimal dan proses penyembuhannya bisa lebih cepat tiga hingga lima hari saja.
 
Salah satu wali peserta khitan massal, Nur Asiyah Nasution mengapresiasi dan berterimakasih dengan digelarnya baksos ini, karena sudah membantu meringankan beban masyarakat.
 
Sebelumnya, Ketua panitia, Budi menyampaikan terimakasih kepada peserta yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar menjelang lebaran ini. 
 
Disebutkannya antusias peserta cukup tinggi, dimana peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 14 orang.