TOBA -Guna mengamankan Arus Mudik dan Arus Balik perayaan hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Mako Polres Toba di Komando AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dengan jajaran melakukan berbagai persiapan pengamanan dengan mendirikan Pos Pengamanan (Pos Pam), Pos Pelayanan (Pos Yan) hingga Pos Terpadu di sepanjang jalur Jalan Negara Lintas Sumatra (Jalinsum) di wilayah Kabupaten Toba.
 
Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.ik melalui Kasi Humas Polres Toba AKP Bungaran Samosir saat dikonfirmasi, Kamis (13/04/2023) menyebutkan, dalam upaya pelayanan pengaman arus Mudik dan Arus Balik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Polres Toba sesuai perintah dan arahan pimpinan saat ini telah mempersiapkan berbagai Pos Pelayanan dan Pengamanan.

Pendirian ini telah dilaksanakan di beberapa titik lokasi yang telah dipersiapkan oleh jajaran Polres Toba untuk digunakan sebagai Pos PAM (Pengamanan), Pos Terpadu dan Pos Yan (Pelayanan) di Mudik Lebaran tahun 2023 terutama di beberapa titik yang menjadi pusat keramaian dan kerawanan dalam berlalulintas.

Lanjutnya, untuk penggunaan Posko yang didirikan diperuntukan untuk digunakan oleh anggota Kepolisian bersama Tim Gabungan dari beberapa instansi Pemerintah Daerah terkait yang ditugaskan selama pelaksanaan operasi Ketupat Toba guna memonitor dan memantau segala perkembangan yang terjadi di lapangan. sebut AKP Bungaran Samosir

"Dijelang mudik Lebaran 2023, Polres Toba mendirikan 11 titik posko diantaranya Pos Keamanan (Pospam), Pos Terpadu dan Pos Pelayanan (Posyan)".

Disampaikan Bungaran, ke 11 pos tersebut berada di seluruh wilayah hukum Polres Toba, baik itu Polsek-polsek maupun Jln.Balige Bypass hingga Pelabuhan yang nantinya digunakan oleh seluruh personil yang betugas untuk mengatur lalu lintas selama masa arus mudik dan arus Balik Lebaran 2023.

Ditambahkan Bungaran, untuk pengoptimalan pelaksanaan pengamanan dengan menempati pos pengamanan dan pos pelayanan akan beroperasi aktif mulai H-7 hingga H+7 di Hari Raya Idul Fitri nanti setelah gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2023 oleh Kapolres Toba nantinya. ucap Bungaran

Perlu kami sampaikan untuk diketahui Publik rincian Pos Pengamanan yang diadakan diantaranya, 4 pos Pelayanan (Pos Yan) di Kecamatan Balige, Kec.Sigumpar dan Kec.Porsea. 5 Pos Pengamanan (Pos PAM) di Kecamatan Balige, Laguboti, Porsea, Lumban Julu dan Kec.Ajibata serta 2 Pos Terpadu di Pelabuhan Balige dan Pelabuhan Ajibata.

Dalam harapannya Kapolres Toba menyampaikan, setiap personil yang telah diberikan tugas dan tanggung jawab harus mampu menjalankan tugasnya dengan profesional serta tetap menjaga kondisi kesehatan fisik dan jangan lengah serta tetap tanggap dalam berbagai situasi yang terjadi dilapangan.semoga semua yang telah direncanakan dan diprogramkan selama pengamanan Lebaran tahun 2023 ini.

Tak Luput Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat,S.H,S.IK juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang akan mudik ke Kabupaten Toba atau melintasi jalur Kabupaten Toba menuju berbagai daerah lainnya supaya tetap mencari informasi terbaru serta mengikuti arahan dari petugas dilapangan.

“Mudah-mudahan momen mudik tahun ini dapat berjalan aman, lancar, dan selamat sampai tujuan,” sebut AKP Bungaran Samosir menyampaikan pesan amanah dan harapan Kapolres Toba.