PALAS - Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si terbitkan maklumat tentang  larangan jual minuman keras (Miras) dan petasan di bulan suci Ramadan 1444 H. Kasubsi Penmas Humas Polres Palas, Bripka Ginda K. Pohan, Rabu (12/4/2023 ) mengatakan, maklumat larangan penjualan miras dan petasan di bulan Ramadan itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap terjaga.
 
Dalam  suasana bulan ramadhan, lanjut Ginda, seluruh umat islam melaksanakan ibadah puasa dan kegiatan shalat tarawih serta wotir hingga tadarus sebagai bentuk meningkatkan ibadah, tentu harus dijaga kekondusifannya.
 
Kata Penmas Humas Polres Palas, maka untuk menjaga ketenangan dan ketertiban ditengah masyarakat melaksanakan ibadah sepanjang bulan suci Ramadan, Kapolres Palas menerbitkan Maklumat  Nomor : Mak/02/IV/2023.
 
“Maklumat ini dikeluarkan untuk menjaga kekhusyukan menjaga kesucian Ramadan sekaligus  menjaga kekondusifan, ketertiban  masyarakat di bulan puas dan menjelang Idul Fitri 1 Syawal,” katanya.
 
Ia menambahkan, bagi yang  melanggar ketentuan yang ada dalam maklumat Kapolres Padanglawas tersebut, pelakunya akan dikenakan sanksi pidana.
 
Selain larangan menjual miras dan petasan, begitu juga dengan tempat hiburan malam diimbau untuk tidak beroperasi sepanjang bulan suci Ramadan.
 
Hal ini untuk menjaga gangguan kenyamanan dan ketertiban  masyarakat selama Ramadan. Segala bentuk gangguan Kantibmas yang menimbulkan keresahan bagi masyarakat akan ditindak tegas sesuai ketentuan aturan hukum.
 
"Warga yang melanggar isi maklumat Kapolres Palas yang telah disebar luaskan kesemua Polsek jajaran Polres Palas, maka akan diberikan sanski tindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku," pungkasnya.