MEDAN - Abyadi Siregar dan Forum Masyarakat Sari Rejo (Formas) merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Bahkan, menurut Ketua Umum Formas, Riwayat Pakpahan, Abyadi Siregar dan Formas ibarat lepat dan daun.
 
Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Formas, Riwayat Pakpahan terkait masuknya nama Abyadi Siregar dalam bursa calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) periode 2024-2029.
 
"Oleh karena itu, Formas dan seluruh elemen masyarakat di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia siap memenangkan Abyadi Siregar jika nantinya maju sebagai Wagubsu pada Pilgubsu 27 November 2024 mendatang," ujar Riwayat Pakpahan saat ditemui di Sekretariat Formas, Jalan Teratai No 45, Sari Rejo, Medan Polonia, Jumat, (7/4/2023).
 
Lebih lanjut Pakpahan menjelaskan, perhatian Abyadi Siregar terhadap perjuangan Formas patut diacungi jempol.
 
"Bahkan, jauh sebelum Abyadi Siregar menjabat sebagai Kepala Ombudsman RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara, beliau sudah memberikan perhatian yang besar bagi perjuangan Formas," jelas Pakpahan.
 
Bisa dibayangkan, sebut Pakapahan, saat itu, sekitar tahun 2008, Abyadi Siregar telah memberikan sumbangsih pemikiran dan ikut berjuang dengan Formas.
 
"Saat itu, atas perjuangan Abyadi Siregar dan difasilitasi oleh Almarhum Burhanuddin Napitupulu, waktu itu Caleg DPR RI, kita pengurus Formas bisa bertemu dengan Jusuf Kala semasa menjabat Wakil Presiden periode 2004-2009," sebut Pakpahan mengenang perjuangan Abyadi Siregar bersama Formas.
 
Kemudian saat itu, almarhum Burhanuddin Napitupulu terpilih menjadi anggota DPR RI dan menjadi ketua Komisi II.
 
"Namun sayangnya, sebelum peroalan Sari Rejo tuntas, Burhanddin Napitupulu selaku Ketua Komisi II DPR RI saat itu dipanggil Allah SWT," kata Pakpahan. 
 
Namun, saat bersama Abyadi Siregar itulah, ungkap Pakpahan, perjuangan Formas terus bermetamorfosis hingga saat ini.
 
Dan, hal itu masih melekat dalam ingatan masyarakat secara luas, terlebih di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia.
 
"Bahkan, setelah menjabat Kepala Ombudsman RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Abyadi Siregar masih tetap konsisten berjuang bersama Formas," ungkap Pakpahan lagi.  
 
Kemudian, Pakpahan menuturkan, kinerja Abyadi Siregar dalam memimpin Ombudsman RI perwakilan Provinsi Sumut sangat baik.
 
"Bahkan, mayoritas masyarakat Sumut saya kira sependapat dengan saya tenatang hal itu," tutur Pakpahan.
 
Karenanya, tegas Pakpahan, jika Abyadi Siregar dicalonkan menjadi Wagubsu periode 2024-2029, Formas akan all-out memenangkannya.
 
"Segala sumberdaya dan kekuatan akan kita kerahkan untuk memenangkan Abyadi Siregar. Intinya kita mendukung dan berharap beliau masuk dalam bursa calon Gubsu atau Wagubsu periode 2024-2029 mendatang," tegas Pakpahan.
 
Namun, kata Pakpahan, Formas tetap rasional memandang dinamika perpolitikan di Sumut.
 
"Unang salah di pandasoran. Dalam kata lain harus baik dari awal. Maka dari itu, kita harus konsisten dari awal mendukung Abyadi Siregar hingga selesai," kata pakpahan lagi.
 
Mengutip istilah di bona pasogit (kampung halaman), kata Pakapahan sewaktu marpoken (hari pekan).
 
"Memang sama-sama marpoken (ke pekan). Orang membeli kebutuhannya di pekan tersebut. Tetapi sebaliknya, kita hanya ikut-ikutan marpoken tanpa ada yang dibeli. Jadi artinya mulai dari sekarang, komitmen untuk gerakan yang konsisten memenangkan Abyadi Siregar dalam Pilgubsu 2024 mendatang," pungkasnya.
 
Sebelumnya, nama Abyadi Siregar masuk dalam bursa calon Wagubsu periode 2024-2029.
 
Karena hal itulah, Ketua Umum Formas, Riwayat Pakpahan bersama elemen masyarakat lainnya bertekad memenangkan Abyadi Siregar dalam Pilgubsu 2024 mendatang.
 
Elemen masyarakat Sumut lainnya tersebut di antaranya Yayasan Parade Guru Tapanuli Utara (Taput).
 
Organisasi yang bergerak dalam advokasi dan mendorong kemajuan dunia pendidikan di Sumut itu, menegaskan siap mendukung Abyadi Siregar sebagai calon Wagubsu pada Pilgubsu 2024 mendatang.
 
"Kami siap memberi dukungan penuh. Abyadi Siregar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, merupakan figur yang layak dan punya kapasitas untuk maju sebagai Cawagubsu pada Pilgubsu nanti," tegas Ketua Yayasan Parade Guru Taput, Martua Situmorang.