SIBOLGA - Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan mengklaim perekonomian Kota Sibolga tumbuh positif pasca pandemi Covid-19 melanda tanah air. Pertumbuhan ekonomi Sibolga sempat turun sangat tajam dari 5,2% di 2019 menjadi -1,36% di 2020. "Tetapi pada 2021, ekonomi kita naik jadi 2,10%, dan tahun 2022 naik menjadi 4,15%,” kata Wali Kota Jamaluddin Pohan pada sidang paripurna istimewa DPRD Sibolga dengan agenda merayakan Hari Jadi ke-323 Sibolga, Senin (3/4/2023).
 
Ia mengatakan, tahun 2023 merupakan tahun ketiga pasangan Jamaluddin Pohan dengan Pantas Maruba Lumbantobing melaksanakan amanah menjadi wali kota dan wakil wali kota Sibolga setelah dilantik pada tanggal 26 Februari 2021.
 
"Pada masa kepemimpinan kami ini, pandemi covid-19 melanda negara dan bangsa kita. Dampaknya tak hanya bidang kesehatan saja, juga pada bidang sosial dan ekonomi sehingga terjadi penurunan sumber-sumber pembiayaan pembangunan daerah baik dari pemerintah pusat maupun dari sumber pendapatan daerah,” katanya.
 
Wali Kota Jamaluddin Pohan menjelaskan, telah berlangsung beberapa kali recofusing dan relokasi anggaran, disisi lain terjadinya perlambatan pergerakan ekonomi sehingga terjadinya penurunan laju pertumbuhan ekonomi yang sangat tajam dan signifikan.
 
"Namun kami tetap berupaya melakukan beberapa terobosan meningkatkan efisiensi dana pemulihan ekonomi pembangunan dengan mencari sumber-sumber pembiayaan lain,” katanya.
 
Salah satunya melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN), kemudian mengupayakan memutus rantai rentenir melalui pinjaman dana kredit usaha rakyat (KUR) bekerja sama dengan Bank Sumut Cabang Sibolga.
 
“Dalam hal ini, kita melakukan berbagai inovasi, sehingga memudahkan pelaku UMKM difasilitasi memperoleh pinjaman KUR dimaksud,” sebutnya.
 
Selain berbagai keberhasilan yang diperoleh Kota Sibolga, masih banyak tantangan untuk meraih masa depan yang lebih baik lagi. Untuk mencapainya, diperlukan sinergitas dan kerja keras.
 
Sidang paripurna ini menjadi sangat istimewa, ketika seluruh pemangku kepentingan mampu melakukan refleksi dan muhasabah. "Sudah sejauh mana kita berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan. Dengan semangat Hari Jadi Sibolga ke 323, kita wujudkan Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur,” katanya.
 
Sidang paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD Sibolga, Akhmad Syukri Nazry Penarik didampingi Wakil Ketua Jamil Zeb Tumori. Hadir, Pj Bupati Tapteng, Elfin Elyas Nainggolan, sejumlah mantan anggota DPRD Sibolga, mantan wakil wali kota Sibolga, Forkopimda dan undangan lainnya.