PALAS - Sebanyak 78 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset lolos jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Penguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). "Alhamdulillah, 78 siswa dari MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset dinyatakan lolos seleksi lewat jalur prestasi akademik tahun 2023.Hal itu sesuai pengumuman Ketua Panitia SPAN-PTKIN,Imam Taufiq," kata Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset,Hj Mahnidar Azwarni Nasution, S.Ag, Selasa (4/4/2023).
 
Dikatakan, peserta didik yang mendaftar dan mengikuti seleksi SPAN PTKIN 2023 sebanyak 176.413 siswa. Jumlah yang lolos 75.362 orang termasuk didalamnya sebanyak 78 orang dari MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Kabupaten Padanglawas. 
 
Kata Mahnidar, SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN, dan STAIN dalam satu sistem terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.
 
Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
 
Menurut Hj Mahnidar Azwarni, peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang. Prosedur daftar ulang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada peserta didik yang lolos, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN,"ujarnya.
 
Ia menambahkan, atas nama madrasah dan seluruh dewan guru menyampaikan aparesiasi  kepada peserta didik yang lolos SPAN- PTKIN,karena memiliki  kesempatan kuliah di jalur perguruan tinggi  negeri.
 
Adapun peserta yang lolos SPAN -PTKIN tahun 2023 memilh kuliah di  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Walisongo Semarang.
 
Kemudian, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,UIN Alauddin Makassar, UIN Sumatera Utara Medan  dan UIN Raden Intan Lampung.