PALAS - Pusat Gempa Magnitudo 6,4 yang terjadi di Kota Padangsdimpuan juga dirasakan warga di Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas (Palas) sekira pukul 21.59.43 WIB, Senin (3/4/2023). Kedalam 102 Km, Koordinat 0,86 LU 98,73, BT 82 Km Barat Daya Padangsidimpuan Sumut, tidak berpotensi Tsunami sesuai data BMKG.
 
Frekuensi gempa cukup kuat dan sangat terasa guncangannya sehingga membuat panik masyarakat, sehingga banyak warga yang berhamburan keluar rumah.
 
Salah seorang warga Sibuhuan bermarga Siregar mengatakan, gempa kali ini tidak begitu lama, tetapi terasa guncangan yang begitu kuat.
 
"Gempa ini sangat terasa guncangan disaat kami sedang minum kopi di salah satu warung di kawasan Padangluar Sibuhuan," ungkapnya.
 
Menurut Siregar, pusat gempar di Kota Padangsidimpuan ini juga berdekatan dengan daerah Kabupaten Padanglawas.
 
"Guncangan gempa juga menimbulkan kekhawatiran masyarakat, karena bangunan rumahnya terasa bergoyang," ujarnya.
 
Ia berharap, guncangan gempa ini tudak terjadi susulan pada saat masyarakat sedang melaksanakan sahur ramadhan karena getaran gempa dapat diimplementasikan berdampak dasyat bila berlangsung cukup lama.
 
Wilayah dirasakan guncangan gempar Mag 6,4 Padangsidimpuan, Pinang Sori, Gunung Sitoli, Nias Selatan, Barat, Utara, Aceh Singkil, Tapteng, Banda Aceh, Sumbar sampai ke Pelan Baru.