MEDAN - Parcel atau hampers sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Terkhusus menjelang Lebaran 1444 Hijriah ini. Warga umat muslim mulai berburu parcel sebagai hadiah untuk orang tua, mertua dan sanat keluarganya.

Salah seorang pedagang di Medan mengaku menjelang Lebaran penjualan parcel mengalami meningkatkan.

Terpantau GoSumut.com Minggu (2/4/2023) di tokoh parcel Yenny Gift Shop di Jalan Badak, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara. Terlihat pekerja mulai sibuk membuat parcel untuk memenuhi pesanan.

"Kalau di awal Ramadhan ini cukup baik ya pemesannya, sekarang saja  peningkatan sudah mencapai 20 persen dari hari sebelumnya. Biasanya, menjelang 10 hari Lebaran itu puncak peningkatan pada pemesan parcel," kata Yenny.

Yenny yang berjualan di akun instagram @yennygiftshop itu, mengakui pemesanan parcel tak hanya di Kota Medan, melainkan berbagai daerah seperti, Kabupaten Deli Serdang, Binjai, Tebing Tinggi sampai Aceh.

Menurut Yenny, pemesan parcel ini biasanya dari perorangan atau keluarga maupun pihak kantoran. 

"Untuk saat ini saja, sudah ada pihak yang memesan baik melalui penjualan online maupun langsung datang ke tempat ini," ujarnya. 

Yenny menyebutkan, untuk harga parcel bervariatif dari Rp150 ribu sampai Rp2 juta, tergantung komposisi barang yang akan dijadikan parcel. 

"Jadi, di tempat ini dijual parcel berupa sneck, pecah belah maupun penggabungan. Bagi pemesan yang ingin request desain parcel sesuai keinginan juga bisa, karena banyak juga pelanggan yang meminta orderan tersebut," ucap Yenny. 

Dia berharap, Lebaran tahun ini, menjadi momen baik ketimbang tahun sebelumnya. Mengingat pada tahun kemarin masih Pandemi COVID-19 yang volume pemesanan parcel menurun.

Senada yang diutarakan oleh pemilik grosir parcel di Jalan Sutrisno, Medan, Koye. Ia katakan  pemesanan baik parcel sneck maupun parcel barang pecah belah sudah ada peningkatan. 

"Terutama pada pihak toko yang mulai memesan parcel maupun reseller mulai meningkat. Sedangkan untuk perorangan biasanya seminggu menjelang Lebaran," ucapnya.