PALAS - Tingginya intensitas hujan beberapa hari belakangan ini di wilayah Kabupaten Padanglawas berdampak amblas trase badan  jalan baru  sebagai jalan  alternatif menuju Kecamatan ibukota Sosopan. Trase jalan baru diba­ngun pascaperistiwa bancana alam longsor Jalinsum menuju  Kecamatan Sosopan tepatnya jarak antara Desa Hulim dan Desa Ulu Aer itu,kondisi sudah amblas sehingga menganggu kelancaran arus lalulintas bagi  para pengguna jalan.

Jalan baru  dari Desa Siundol Julu hingga Hulim Kecamatan Sosopan yang dibangun bersumber dari dana Bantuan dari Badan Nasional Penggulangan Bencana(BNPB) Pusat itu berkisar Rp8,8 millyar Tahun Anggaran 2016 lalu, kondisi telah ambalas sehingga badan jalan semakin menyempit.

Salah seorang warga Kecamatan Sosopan,Ali Hasan Harahap mengatakan, kondisi jakan baru menuju Kecamatan Sosopan telah amblas dan mengancam penguna jalan yang melintas.

"Ada dua titik lokasi jalan baru yang amblas sehingga menyulitkan warga yang melintas dari kawasan tersebut," ungkapnya, Jumat (24/3/2023).

Dikatakan, saat ini kondisi jalan baru dengan dasar tanah dengan material pengerasan itu semakin mengkhawatirkan masyarakat untuk melintas dari kawasan tersebut karena dapat mengancam keselamatan jika kurang waspada khusus malam hari.

Sebelumnya salah satu,Tokoh Masyarakat Kecamatan Sosopan, H Lokot Nasution warga Desa Siundol juga mengakui, bahwa kondisi jalan baru telah amblas sehingga mengancam para penguna jalan yang melewati lokasi tersebut.

Ia berharap, Dinas PU Binamarga Provinsi Sumatera Utara untuk memperhatikan kondisi jalan baru agar dilakukan perbaikan sebelum menelan korban jiwa karena kondisi cukup mengkhawatirkan.

"Jalan ini kan asset PU Binamarga Provinsi, Kalau BNPB Pusat membangunnya untuk mengatasi longsor dan pengalihan (Pem­bukaan Jalan baru) pasca peristi­wa bencana longsor diderah tersebut,"ungkap H.Lokot Nasution yang juga anggota DPRD Palas.

Masyarakat Sosopan berharap, Untuk pemeliharaan dan perawatan jalan baru ini  dilanjutkan pihak  PU Binamarga hingga dan kalau bisa dihotmix.

Sementara itu, Camat Sosopan, H.Maralohot membenarkan, kondisi jalan baru saat ini sudah amblas dan mengganggu arus lalulintas umum.

Kata dia, jalan lintas sumatera, Sibuhuan Aek Godang via Sosopan, selain longsor, jalan amblas  terjadi antara Desa Uluaer hingga ke Desa Hulim, Kecamatan Sosopan. 

"Amblasnya badan jalan ini, bahkan nyaris terputus. Kondisi ini akibat tanah yang labil karena diguyur hujan seminggu terakhir belakangan ini," bebernya.

Ia menambahkan, setiap hari jalan baru tersebut di lewat warga menuju Kecamatan Sosopan, Jika musim hujan longsor tebing dan menimbun badan jalan serta amblas sudah jadi langganan di wilayah Sosopan ini.

"Kalau kondisi ini dibiarkan akan semakin parah dan mengancam akses transportasi ke wilayah Kecamatan Sosopan," pungkasnya.