TAPTENG - Balimo-limo itulah yang dilakukan masyarakat Sibolga-Tapteng memasuki satu hari menjelang Puasa setiap tahunnya. Kadang Balimo-limo identik mandi bersama keluarga di pinggiran sungai atau pantai. Karena tradisi itu telah dilakukan sejak lama.
 
Pengguna kendaraan pun padat disetiap tempat wisata, kendati personil dari Polres Tapteng turut memberikan pengamanan jalan.
 
Kapolres Tapanuli Tengah Akbp Jimmy Christian Samma, S.I.K melalui Kasi Akp H. Gurning menjelaskan.
 
Kegiatan Balimo-limo Tradisi bagi masyarakat Tapteng dan Sibolga setiap tahunnya, dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H tahun 2023 M.
 
Pada kegiatan ini Kapolres Tapteng mengerahkan 164 personilnya yang terdiri dari pengamanan terbuka dan tertutup.
 
Ditempatkan di lokasi sungai atau air terjun yang ada di wilayah Tapteng dimana pelaksanaan Berlimo-limo memang ditempat seperti itu.
 
"Kami berharap kehadiran Polisi itu membuat masyarakat merasa nyaman dalam kegiatan tersebut dan terhindar dari gangguan perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab," kata Akp Gurning.
 
Personil sebelum melaksanakan pengamanan terlebih dahulu dilaksanakan apel kesiapan untuk mencek personil yang dipimpin Waka Polres Tapteng Kompol Kamaluddin Nababan, SH.
 
Menekankan agar para Perwira Pengendali terlebih dahulu mengapelkan anggotanya dilokasi masing masing, dan tidak ada personil yang meninggalkan lokasi pengamanannya sebelum kegiatan masyarakat tersebut selesai.
 
Sehingga masyarakat benar benar merasakan pelayanan kepolisian tersebut, dan pada kegiatan tersebut juga hadir personil TNI, Satpol PP dan Basarnas.
 
"Pelaksanaan Balimo-limo diseluruh lokasi berjalan lancar aman kondusif," timpal SMP Gurning.