TOBA - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya mengunjungi Regal Springs Indonesia (PT.Aqua Farm Nusantara) di perairan Danau Toba, Sumatera Utara Sabtu (18/3/2023). Kunjungan ini untuk mengetahui dan memastikan secara langsung sistim operasional budidaya ikan Tilapia yang berkelanjutan.
 
Dalam kehadirannya Bupati Sergai bersama rombongan, PT.RSI memperkenalkan tentang komitmen perusahaan dalam menjalankan operasionalnya, khususnya dalam budidaya ikan tilapia secara bertanggungjawab dengan meminimalkan dampak terhadap lingkungan di antaranya mengurangi jejak ekologi. 
 
Perwakilan Management PT.RSI Lake Manager Regal Springs Indonesia, Friska S. Saragih menjelaskan, pihaknya menjalankan upaya mengurangi jejak ekologi diantaranya melalui program pemantauan, pengujian kualitas air di laboratorium, proses panen, serta pemberian pakan ikan terapung yang rendah fosfor dan ramah lingkungan.
 
Ia juga menyampaikan,  program-program akuakultur yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan keterlacakan optimal yang dijalankan perusahaan mulai yang dilaksankan mulai dari pembenihan di Sergai hingga pembesaran ikan tilapia di Danau Toba.
 
"Ini Sebagai bagian dari pemenuhan standar lingkungan di wilayah operasional perusahaan serta melindungi ekosistem," ujarnya.
 
Lanjutnya, kami memiliki inisiatif dan invoasi cara budidaya ikan yang bertanggungjawab dengan pembenihan ikan tilapia unggul di lokasi yang kami miliki sendiri, produksi ikan tilapia dengan kualitas premium dan tertinggi. Semua itu tetap dengan memperhatikan dampak dan jejak ekologi melalui program rutin uji sampling kualitas air dan endapan di Danau Toba secara berkala,” jelas Friska. 
 
Friska S, juga menegaskan pihaknya berkomitmen menjaga kesehatan lingkungan perairan Danau Toba selama menjalankan usahanya dan telah menerima berbagai sertifikat pengharagaan sertifikasi tertinggi baik secara nasional maupun dari badan sertifikasi independent internasional di antaranya : sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Best Aquaculture Practices (BAP), Aquaculture Stewardship Council (ASC), dan BRCGS Global Food Safety Standard.
 
Darma Wijaya menyebutkan, dengan keseriusan perusahaan, dalam hal ini dengan mendukung Regal Springs Indoenesia dalam menjalankan operasional yang berkelanjutan dan terintegrasi, mulai dari pembenihan, pembesaran hingga pengolahan. 
 
“Dengan adanya pembenihan serta pabrik pengolahan PT.Aqua Farm Nusantara di Serdang Bedagai, kami berharap ke depannya dapat lebih baik lagi, khususnya dalam peningkatan kapasitas produksi, sehingga dampak positifnya adalah membuka lebih banyak lapangan kerja, menjagai rantai pasokan pangan dan iklim investasi yang lebih kondusif terutama di Sumatera Utara,” jelasnya. 
 
Atas komitmennya memenuhi dan mematuhi persyaratan serta standar yang berlaku pada industri akuakultur, RSI telah mendapatkan sertifikasi tertinggi baik secara nasional maupun dari badan sertifikasi independent internasional yakni sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Best Aquaculture Practices (BAP), Aquaculture Stewardship Council (ASC), dan BRCGS Global Food Safety Standard.
 
Turut hadir dalam kunjungan ini Wabup Sergai Adlin Tambunan, Sekda Sergai M. Faisal Hasrimy, Ketua TP PKK Rosmaida Saragih, Ketua GOPTKI Aini Zetara serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hedi Novria.