TOBA - Sebanyak empat unit rumah warga desa semi permanen hangus dilalap api, Sabtu (18/3/2023 sekira pukul 12.30 Wib, di Dusun V Rianiate Desa Lumban Pea Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Pemilik rumah yang menjadi korban kebakaran, Freddi Tambunan (52), Norlan Br Simanjuntak (60), Mintaria Br Simanjuntak (79) dan Hendry Siagian (50).

Kapolsek Balige Kompol Agus Salim Siagian melalui Kanit Reskrim Polsek Balige AKP.Edward Siahaan kepada wartawan menjelaskan, informasi terjadinya peristiwa kebakaran ketahui dari seorang saksi warga bernama Tisno Tambunan (39) yang mengaku melihat ada asap hitam mengepul ke langit, salah satu rumah korban, Freddi Tambunan (52).

Dijelaskannya, Tisno dari kejauhan mendengar ada suara orang menjerit histeris kesakitan dari dalam rumah tersebut. Selanjutnya saksi berupaya menggedor pintu rumah korban sembari berteriak memanggil - manggil nama korban. Hingga akhirnya pintu terpaksa didobrak

Begitu pintu berhasil didobrak, saksi langsung bergerak cepat masuk dan di ikuti 4 warga lainnya. Setiba di dalam rumah para saksi berupaya keras mendobrak pintu kamar korban, saksi  melihat korban posisi diatas tilam tempat tidurnya sudah mulai ikut terbakar.

Melihat hal ini, saksi dibantu warga lainnya berupaya mengevakuasi korban dari dalam dengan mengangkat korban ke halaman depan rumah.

Untuk pertolongan medis dalam upaya menyelematkan nyawa korban Tisno Tambunan menelepon pihak Ambulance Rumah Sakit HKBP Balige untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan dan pertolongan medis.

Korban dengan kondisi mengalami luka bakar masih di rawat inap di Rumah Sakit HKBP Balige.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun awak media ini di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kebakaran, korban tertutup dan setiap harinya selalu mengurung diri di dalam rumahnya.

Disebutkan warga sekitar, korban tinggal didalam rumahnya bersama dengan adik sepupunya bernama Hengki Tambunan (36). Namun saat peristiwa kebakaran terjadi, Hengki Tambunan sedang tidak berada dirumah dan sedang kerja bertukang bangunan di Saung Bambu Tambunan.

Guna pemeriksaan terjadinya peristiwa kebakaran telah di tangani pihak kepolisian sektor Balige. beberapa saksi telah dimintai keterangan dan lokasi kejadian telah diamankan.

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 12.50 WIB, dengan mengunakan 3 unit mobil Damkar milik Pemkab Toba yang juga dalam upaya pemadaman api hingga total padam turut serta dibantu oleh masyarakat sekitar.