TAPSEL- PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) selaku pemilik PLTA Batang Toru menggelar pelatihan Komputer Tingkat SMK di Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Kegiatan yang mengangkat tema "Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Menuju SDM Cerdas, Terampil dan Bermartabat" ini merupakan kerjasama antara PT NSHE dengan Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Utara serta Lembaga Kursus dan Pelatihan SL Komputer yang diselenggarakan pada bulan Februari-Maret 2023.
 
Dalam sambutannya, Soeseno Hendro, Supervisor Komunikasi PT NSHE mengatakan bahwa era digitalisasi sudah berlangsung sejak lima hingga sepuluh tahun yang lalu, dan berbagai aktivitas sudah banyak menggunakan sistem digital termasuk mencari pekerjaan.
 
"Artinya keterampilan penggunaan dasar komputer menjadi kemampuan yang harus dimiliki. Ini lah yang menjadi dasar, PT NSHE melaksanakan kegiatan ini," ucap Soeseno Hendro, di aula SMK Negeri 1 Marancar, saat penutupan pelatihan, Kamis (16/3/2023).
 
 
Program ini diharapkan mampu melengkapi soft skill yang sangat penting bagi siswa-siswi sebagai generasi penerus di masa yang akan datang.
 
Di hadapan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Marancar, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Camat Marancar, para guru dan Staf, serta siswa-siswi SMK Negeri 1 Marancar, Soeseno Hendro, mengatakan, PT NSHE selalu berkomitmen memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan masyarakat di sekitar PLTA Batangtoru.
 
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Marancar, Afwan Tarihoran Harahap, mengucapkan terimakasih kepada PT NSHE atas pelaksanaan pelatihan komputer di sekolah yang dipimpinnya, dan berharap agar kerjasama yang sudah terjalin dapat terus berlanjut, melalui pelatihan-pelatihan berikutnya.
 
Hal senada juga dikatakan Camat Marancar, Rosnanni Pasaribu, yang mengucapkan banyak terimakasih atas inisiatif PT NSHE dalam membantu dan mendukung kemajuan warga di sekitar proyek PLTA Batang Toru secara khusus di Kecamatan Marancar.
 
“Pelatihan ini tidak diminta, namun PT NSHE memberikannya untuk anak-anak kami. Semoga ilmu yang didapatkan dari pelatihan komputer ini, bisa dikembangkan lagi," ungkap Rosnanni Pasaribu di hadapan puluhan murid SMK N 1 Marancar.
 
Sementara itu, Pelatih SL Komputer, Nurlaila, mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan adalah program administrasi perkantoran, dan para siswa sudah menguasai materi yang dilatih.
 
"Sudah bisa buat Surat, Kop Surat, Brosur, Tabulase dan lainnya," pungkas Nurlaila.
 
Sebagai informasi, program pelatihan komputer ini telah dilaksanakan PT NSHE sejak tahun 2022. Pada periode pertama, Oktober tahun 2022 lalu, program pelatihan diberikan untuk 13 Siswa SMP Negeri 1 Marancar, 13 Siswa SMP Negeri 2 Marancar, 7 Siswa Mts Assyukriyah dan juga 7 Siswa Mts Darul Akhiroh.
 
Dan pada periode Februari-Maret 2023 ini pelatihan diberikan untuk 20 siswa SMK Negeri 1 Marancar dan 22 siswa SMP Negeri 8 Sipirok.
 
Sebelum menutup pelatihan, mewakili Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Utara, A Benny Damanik menyampaikan rasa salut atas capaian puluhan siswa siswi kelas 10 SMK Negeri 1 Marancar yang telah mengikuti pelatihan, sudah mahir menggunakan komputer dan siap di uji atas keahliannya.
 
A Benny Damanik mengajak siswa-siswi yang telah mengikuti pelatihan untuk terus berlatih dan tidak cepat puas atas capain ilmu yang didapatkan saat ini.
 
A Benny Damanik juga mengungkapkan apresiasi setinggi tinginya kepada PT NSHE yang telah menyelenggarakan program ini, serta merasa sangat bersyukur karena pelatihan komputer ini merupakan program yang tepat sasaran dan ditunggu-tunggu oleh sekolah.