PALAS -Perpisahan siswa kelas XII SMA N 1 Barumun diwarnai pementasan drama oleh siswa, di halaman sekolah tersebut, Rabu (15/3/2023).
 
Jumlah siswa kelas XII yang mengikuti perpisahan sebanyak 289 terdiri dari 106 siswa laki-laki dan perempuan 183 untuk jurusan IPA dan IPS.

Kepala Sekolah SMA N 1 Barumun, Ikhsanul Nasir Hasibuan mengatakan, momen perpisahan ini menjadi motivasi dalam meningkatkan talenta yang harus dikembangkan dalam mencapai prestasi yang baik.

"Para siswa dari SMA N 1 Barumun harus mampu bersaing didunia pendidikan dalam menghadapi perkembangan era globalisasi yang terus berkembang pesat saat ini," katanya.

Ia juga berharap, para siswa dan siswi mampu menunjukan jati diri sebagai generasi yang berkualitas sebagai cikal bakal generasi penerus bangsa yang menjadi kebanggaan bagi orangtua.

"Secara formal diharapkan peserta didik menjadi generasi yang bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa," ujarnya.

Lanjut Ikhsanul Nasir berpesan, tetaplah belajar dengan tekun untuk menjadi kebanggaan orangtua dan ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi yang terbaik dari yang baik.

"90 persen siswanya mendaftar di Perguruan Tinggi melalui jalur SMPTN dan SPAN- PTKIN dan 10 perswn lagi memilih untuk bekerja mendaftar di Polri dan TNI," terangnya.

Ia juga mengimbau, para orangtua untuk terus memberikan dorongan kepada anak untuk menuntut ilmu kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Perlu di ketahui bahwa kesuksesan itu, tambahnya, dapat diraih atas dasar pengetahuan yang baik dan sikap optimis yang selalu percaya diri untuk menjadi generasi yang unggul.

Diakhir kegiatan pelepasan siswa kelaa XII atau perpisahan itu dirangkai dengan salam-salaman antara guru, orangtua siswa serta siswa.