TOBA- Jajaran Polres Toba dalam operasi Keselamatan Toba 2023 fokus memberikan edukasi tata tertib dalam berlalu lintas di jalan raya. Dengan
memberikan teguran dan bimbingan kepada pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm serta yang memakai knalpot blong/racing. 
Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melalui Kasat Lantas Polres Toba IPTU Rapindo T.Gunawan Siahaan, Selasa (14/3/2023) menyebutkan selama pagelaran operasi Keselamatan Toba 2023 jenis pelanggaran yang ada sering didapati dilapangan para pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, kendaraan yang menggunakan knalpot brong, pengendara di bawah umur, serta kendaraan yang melebihi batas dimensi dan kapasitas muatan.

“Dalam pelaksanaan Operasi tahun 2023 ini sesuai perintah dan amanah dari pimpinan menindak lanjuti peraturan dalam berlalu lintas di jalan raya, titik fokus utama mengurangi dan menurunkan berbagai pelanggaran dalam berlalu lintas khususnya fatalitas kecelakaan di jalan raya, dengan tujuan utama meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas,” ujarnya.

“Di dalam menjalankan tugas operasi sementara ini kita fokus memberikan teguran lisan dan tertulis serta himbauan untuk selalu tertib dalam berlalu lintas. Hal ini diluar ketentuan hukum bila memang kita temukan ada yang fatal," jelasnya.

Kasat Lantas Polres Toba, Iptu Rapindo mengemukakan dalam pelaksanaan operasi ini mendapat respon positif dari masyarakat luas dalam upaya tertib berlalu lintas di jalan raya. Sehingga bisa memberikan keamanan, keselamatan baik bagi diri sendiri maupun para pengguna jalan lainnya.

“Patuhilah aturan berlalu lintas, jangan kebut-kebutan di jalan, ikuti standarisasi kendaraan yang diaturkan oleh Undang Undang.terjadinya kecelakaan lalu lintas diawali dari dengan pelanggaran atau kita patuhan dalam aturan berlalu lintas. Oleh karena itu, budayakanlah tertib dan patuh akan aturan dalam berlalu lintas di jalan raya,” imbuhnya

Ditegaskannya, berdasarkan hasil pemantauan selama pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2023 pelanggaran masih didominasi oleh para pengendara sepeda motor, dengan jenis pelanggaran terbanyak tidak menggunakan helm dan masih menggunakan Knalpot Blong.

Dalam pantauan beberapa awak media dilapangan di pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2023 tampak Kanit Patroli Satlantas Polres Toba IPDA Christiansen memberhentikan kendaraan yang tidak menggunakan helm dan menggunakan knalpot blong

Dikesempatan tersebut lebih dominan petugas memberikan arahan dan pembinaan kepada para pengendara untuk meningkatkan kesadaran warga akan keselamatan diri dalam berlalu lintas di jalan raya.

Dengan mengedepankan tujuan dan harapan pelaksanaan operasi digelar untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan fatal selama berkendara di jalur lalu lintas dengan harapan para pengendara tetap taat dan patuh terhadap tata tertib lalu lintas.