SIBOLGA - Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kota Sibolga Menyalurkan Bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bank Sumut untuk program Optimalisasi Pemberdayaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK) Tahun 2023, pada Senin (13/03/23) pagi, di kantor PKK Kota Sibolga.

 
Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan memohon agar bantuan ini dimanfaatkan dengan baik, jangan dijualbelikan.

"Pergunakanlah dengan sebaik mungkin agar dapat membantu keluarga dan mampu mewujudkan kesejahteraan hidup melalui peningkatan usaha ekonomi mikro dan kecil, serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan di Kota Sibolga," kata Jamal.

Masih kata Jamaluddin, bangun manajemen keuangan bersama dan buat perkumpulan atau kelompok untuk mengelola biaya penyusutan barang, agar 2 tahun ke depan orang bapak/ibu dapat mandiri.

"Kami berharap agar bapak dan ibu menabung di Bank Sumut. Begitu juga untuk Bank Sumut, semoga semakin meningkat penghasilannya, tambah naik nilai sahamnya dan semakin banyak CSR yang akan dibagi kepada masyarakat," harapnya.

Sebelumnya, Laporan Ketua Panitia yang juga Plt. Kadis Parpora Kota Sibolga, Riniwati Pohan, S.E., yang di bacakan oleh Sekretaris TP. PKK Kota Sibolga dr. Ivona Hasfika, menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah pemberian bantuan untuk kelompok UP2K-PKK yang bersumber dari CSR Bank Sumut tahun 2022 untuk pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Sibolga dan untuk memajukan kegiatan ekonomi produktif masyarakat yang di usahakan oleh keluarga, baik secara kelompok maupun perorangan.

"Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan peran serta ibu rumah tangga/ keluarga dalam pemberdayaan ekonomi keluarga sekaligus merupakan forum berwirausaha dan meningkatkan keterampilan usaha ekonomi produktif keluarga melalui fokus UP2K-PKK, serta meningkatkan dan memanfaatkan fungsi, peran, kelembagaan, dan UP2K-PKK dalam pelaksanaan pemberdayaan ekonomi keluarga," terangnya

Pada kegiatan tersebut, CSR PT. Bank Sumut menyerahkan ke 16 pedagang Kuliner untuk warga pasar belakang. Adapun barang-barang yang di berikan.

Container Box adalah meja lipat plastik, kursi plastik, container box besar, cooler box, Food Display / kaca miring, piring, gelas, sendok makan dan garpu, kompor gas 1 tungku.

Sedangkan barang yang di berikan kepada pedagang tenda, meja lipat plastik, kursi plastik, container box besar, rak display makanan 4 tingkat, piring, gelas jus, sendok plastik teh/jus dan sendok garpu kecil dan blender.

Turut hadir, Perwakilan Bank Sumut Cabang Kota Sibolga, Melda Susanti Purba dan Muhammad Yudha Koto, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum, Hendra Darmalius, A.Pi., M.M., Ketua TP. PKK Kota Sibolga Ny. Hj. Farida Jamaluddin Pohan, Wakil Ketua TP. PKK Kota Sibolga, Lumsedia Sitompul, S.Pd., M.M., Camat Sibolga Kota, Deliana Marito Sidabutar, S.E., dan beberapa OPD Sibolga.