PALAS -Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si MH bersama Sekda Arpan Nasution, S.Sos dan sejumlah pimpinan OPD menghadiri Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Pra Musrenbang) RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 untuk zona Pantai Barat.
 
Kegiatan Pra Musrenbang berlangsung di Gedung Serba Guna, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sipirok, Selasa (14/3/2023).

Pra Musrenbang tersebut diikuti Kabupaten Tapanuli selatan, Kabupaten Padanglawas, Kabupaten Padanglawas Utara, Pemko Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Mandailing Natal, dan Pemko Sibolga.

Pra musrenbang tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi ditandai dengan pemukulan gong.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyampaikan, para kepala daerah agar menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 dengan baik dan memfokuskan pada sektor pertanian, peternakan dan infrastruktur.

"Setelah program kebutuhan dasar yaitu pendidikan dan kesehatan," terangnya.

Menurut Gubsu, kalau tidak bisa melakukan perubahan, maka akan menjadi susah kedepan.

"Saya ngin fokus program musrenbang RKPD 2024 mendatang fokus pada pembangunan pertanian, peternakan dan infrastruktur. Karena dampak pembangunan banyak sekali areal persawahan menjadi perumahan dan membuat lahan pertanian terus berkurang,” tegas Edy Rahmayadi.

Untuk itu, dia berpesan kepada seluruh pimpinan OPD, agar merencanakan program kerja dengan baik. Sebab kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan perlu ditopang dengan upaya memajukan perekonomian masyarakat.

“Ayo kita bergandengan tangan, jangan pesimis, tetapi kita harus optimis," harapnya.

Gubsu menyakini, hal itu akan mampu dilaksanakan pemerintah daerah dengan baik sejalan untuk kemajuan sumut bermartabat.

"Saya sering memarahi kepala dinas dalam mengejar program pembangunan. Sebab kalau ada kesalahan. Tentu kesalahan itu bukan dari bawahan, tetapi terletak pada kepala daerahnya," tandasnya.

Secara terpisah Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si MH di dampingi Sekda, Arpan Nasution, S.Sos dihubungi melalui telepon seluler mengatakan, pemerintah daerah akan fokus melanjutkan pembangunan infrastruktur baik daerah maupun jalan provinsi.

Selain infrastruktur, kata Plt Bupati skala prioritas yang menjadi fokus daerah terkait ketahanan pangan, kesehatan dan pendidikan yang menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat Kabupaten Palas.

"Pembangunan kesehatan dan pendidikan sebagai salah satu indikator penting dalam menunjang kemajuan pembangunan daerah untuk mewujudkan Kabupaten Palas yang bercahaya, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya," pungkasnya