PALAS -Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Wilayah XII menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) antar pelajar tingkat SMA dan SMK se Kabupaten Padanglawas (Palas).
 
Kegiatan MTQ antar pelajar tersebut berlangsung selama dua hari mulai 6-7 Maret 2023 di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Barumun Raya (STIA-BR) Sibuhuan.

Pelajar yang menjadi peserta MTQ sebanyak 154 orang berasal dari berbagai sekolah SMA dan SMK se Palas.

Di kegiatan MTQ tersebut diperlombakan lima cabang perlombaan yait Tilawah, Tahfiz, Fahmil Qur'an dan seni lukis kontenporer.

Kegiatan MTQ antar pelajar ini dibuka secara resmi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumut Wilayah XII, Marwan Fauzi Batubara S.Sos di halamam kampus STAI-BR Sibuhuan, Senin (6/3/2023).

"Kegiatan MTQ ini untuk seleksi kemampuan pelajar dari perwakilan Kabupaten Palas menuju pelaksanaan MTQ antar pelajar di tingkat Provinsi Sumut nantinya," terangnya.

Marwan Fauzi mengucapkan, terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan MTQ antar pelajar ini termasuk Ketua Senat dan Pendiri STAIBR Drs. H. Syafaruddin Hasibuan MA dan Ketua STAI Barumun Raya Sibuhuan H. Ismail Nasution, Lc, M.TH.

"Kegiatan MTQ antar pelajar SMA dan SMK ke I ini mengusung tema mengaktualisasi nilai-nilai al quran untuk mewujudkan pendidikan sumut bermartabat," katanya.

Ia menjelaskan, momentum MTQ antar pelajar ini yang menjadi juara nantinya akan menjadi duta Kabupaten Palas untuk tingkat Provinsi Sumut.

Namun demikian, lanjutnya, kegiatan MTQ ini bukan semata untuk fokus mengejar untuk jadi juara, namun saat ini negara membutuhkan orang baik yang memiliki akhlakul karimaj yang baik dan mencintai al quran.

"Mari kita jadikan momentum MTQ antar pelajar ini mempererat silaturrahmi dan upaya perbaikan diri dalam proses belajar Al Quran dalam kehidupan -hari," harap Marwan.

Dengan adanya MTQ iniz sambungnya melahirkan generasi bangsa yang berkualitaa dalam bidang baca Al Quran, sehingga menjadi kebanggaan bagi sekolah, masyarakat dan daerah Kabupaten Palas.

Sebelumnya, Ketua Panitia H. Pauzan Hamidy Hasibuan S.Ag.S.THi mengatakan, peserta kegiatan MTQ antar pelajar sebanyak 154 orang dari perwakilan sekolah.

Ia berharap, kegiatan MTQ ini memberi kontribusi dalam pembinaan akhlak dan moral generasi muda serta mengasah minat dan bakat pelajar untuk cinta al quran sehingga menumbuhkan cikal bakal qori dan qoriah pelajar yang berkualitas.

"Momentum MTQ ini diharapkan memberi manfaat bagi lingkungan sekolah dan pelajar untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan agar selalu menjadi baik dari segala perbuatan yang mencerminkan akhlak mulia," imbuhnya.

Kegiatan pembukaan seleksi MTQ ini, turut dihadiri Ketua MKKS (Musyarawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA/ SMK se Palas Ikhsanul Nasir Hasibuan, Pabung Kodim 0212 Tapsel Kapten Inf Anahar, Kasi Pakis Kemenag Palas, Sahut Martua Lubis dan kepala SMA dan SMK jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang ada di Kabupaten Palas.