PALAS -Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XIV tingkat Kabupaten Padanglawas (Palas) yang dipusatkan di Kecamatan Sosa, membawa berkah bagi para pelaku UMKM untuk meraih rezeki.
 
"Dengan adanya perhelatan MTQ ini, tentu dagangan dalam bentuk makanan dan minuman serta asesoris serta baju thist terjual lumayan banyak," ungkap salah seorang pedagang pelaku UMKM mengaku bermarga Daulay dilokasi arena MTQ lapangan bola SMKN 1 bukit berbunga, Kecamatan Sosa, Rabu (1/3/2023).

Menurutnya, kegiatan MTQ memberi dampak positif bagi pedagang kecil karena dagangan jenis makanan dan minuman yang disediakan terjual dengan cepat sehingga membantu prekonomian.

Ia mengaku, arena MTQ ini menjadi objek ajang untuk kegiatan meningkat prekonomian dan kesejahteraan masyatakat setempat.

"Lumayan penghasilan yang didapat dari hasil kegiatan MTQ ini, karena masyarakat yang datang kelokasi cukup ramai. Bahkan tidak sedikit pendapatan yang didapat setiap harinya," ungkapnya.

Salah seorang pengunjung yang datang kelokasi perhelatan MTQ, M.Hasibuan mengakui, selama berlangsung kegiatan MTQ ini menjadi pilihan bagi keluarga untuk berbelanja sambil melihat-melihat stand OPD Pemerintahan dan singgah di stand UMKM untuk membeli.

"Perhelatan MTQ ini menjadi dampak positip bagi masyarakat untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan karena bernuansa syiar agama untuk memasyarakat baca Al Quran," ujar M.Hasibuan.

Diarena MTQ ini, lanjutnya, bisa melihat-lihat berbagai macam kuliner serta menyaksikan berbagai kegiatan perlombaan membaca Al Auran yang dilantunkan tahfidz dari masing-masing utusan kecamatan se Palas.

Ia menambahkan, melalui kegiatan MTQ ini tentu menberikan kontribusi yang besar bagi para pedagang UMKM dan generasi muda akan termotivasi untuk ikut membudayakan al quran ditengah kehidupan.

"MTQ ini dapat menjadi sprit bagi masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak agar membiasakan diri untuk selalu membaca Al Quran sebagai bekal untuk perubahan akhlak dan budi pekerti yang lebih baik," ucap M.Sutan yang juga menjabat Kepala Desa di Kecamatan Ulu Barumun.

Sementara itu, Kabag Kesra Setdakab Kabupaten Irwan Hasibuan mengatakan, puluhan pelaku UMKM yang mendaftar untuk berjualan diareja MTQ tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Kecamatan Sosa ini.

"Para pelaku UMKM menjual berbagai produk mulai dari berbagai jenis makanan, minuman, busana serta berbagai jenis permainan anak-anak serta asesoris untuk pengunjung," terangnya.

Kata Musa, selama kegiatan keagamaan berlangsung, para pedagang bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari hasil dagangan yang disajikan untuk para pengunjung.

"Masyarakat yang berkunjung dilokasi perhelatan MTQ, tentu membeli jajanan dan lainnya sehingga mendukung prekonomian masyarakat pedagang kecil," imbuhnya.

Musa Irwan Hasibuan menambahakan, MTQ ke XIV ini berlangsung selama empat hari di mulai 28 Februari sampai 3 Maret 2023.

Pelaksanaan MTQ ke 14 tingkat Kabupaten dipusat di wilayah Kecamatan Sosa.Di ikuti sebanyak 1.108 orang terdiri dari 519 putra dan 589 putri yang merupakan peserta utusan dari 17 Kecamatan se Kabupaten Palas.