MEDAN - Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (Pinbas) Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara (Sumut) mendorong lahirnya ekosistem dunia usaha berbasis syariah. Demikian disampaikan Ketua Pinbas MUI Sumut, Putrama Alkhairi usai memimpin rapat di Pinbas di Kantor MUI Sumut.
 
"Kita terus mendorong dan berharap pemberdayaan ekonomi berbasis syariah yang diperankan Pinbas MUI Sumut berhasil mendorong lahirnya ekosistem dunia usaha muslim yang berbasis syariah," ujar Putrama Alkhairi kepada sejumlah wartawan di Medan, Minggu (26/2/2023).
 
Lebih lanjut dijelaskan Putrama Alkhairi yang juga Sekretaris Bidang ekonomi MUI Sumut ini, hal itu diwujudkan lewat berbagai pola dan strategi.
 
"Lahirnya ekosistem dunia usaha muslim yang berbasis syariah dengan pola pembinaan, pelatihan, pemberdayaan, manajemen, penciptaan sarana dan prasarana serta akses perkembangan teknologi," jelas Alumni Mualimin Yogyakarta ini.
 
Selain itu, Putrma mengungkapkan, hal ini harus terus dilakukan.
 
"Caranya dengan menginterupsi sejarah agar bangkit dan memiliki motivasi bisnis lebih kuat," ungkap Putrama.
 
Dengan kehadiran pusat Inkubasi Syariah yang mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), koperasi berproses lebih terukur.
 
"Kemudian dan dalam bisnis sekaligus Islami serta pembiayaan bisnis berbasis syariah. Dalam prakteknya, gerakan ini kemudian fokus pada langkah produksi yang diterima pasar dan berkualitas," imbuh Anggota DPRD Kota Medan periode 2004-2009 ini.
 
Kemudian, Putrama Alkhairi menerangkan, pola pemberdayaan ekonomi ummat tersebut bukanlah sesuatu hal yang baru.
 
"Sesungguhnya ini bukanlah hal baru. Namun, pemberdayaan ekonomi ummat nampaknya masih perlu upaya kreatif dan kerja cerdas agar menemukan penyelesaian yang memadai," terang Putrma.
 
Karenanya, kata Putrama, untuk membangun enterpreneur yang berperadaban, pihaknya akan merekrontuksi beberap hal.
 
"Kita mulai dengan merekonstruksi beberapa hal. Namun, kita menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan tidak terlalu meluas secara akademis. Tetapi sesuai dengan strategi besar kita bahwa, kita akan membangun enterpreneur yang sejak awal familiar dengan ekonomi syariah dalam konteks historical Islam yang berperadaban," kata Putrama Alkhairi memungkasi.