PALAS - Tingginya intensitas curah hujan dalam sepekan belakangan berdampak meluap sungai Sutam. Akibatnya wilayah Kecamatan Sosa Timur, Kabupaten Padanglawas (Palas) dikepung banjir setinggi 1 meter, Kamis (13/2/2023) malam. Informasi yang dihimpun Go Sumut dari masyarakat Kecamatan Sosa Timur, Jumat (24/2/2023) meluapnya aliran sungai Sutam yang berdekatan dengan Kecamatan Sosa Timur berdampak banjir mengenangi jalan umum dan fasilitas umum. Bahkan meredam puluhan rumah warga.
 
Kondisi air yang menggenanggi jalan lintas kecamatan yang paling parah terjadi di Desa Sigala-gala Tanjung Ale, Kecamatan Sosa Timur.
 
Camat Sosa Timur, Kartim dihubungi Go Sumut melalui telepon seluler mengatakan, meluapnya sungai Sutam akibat tingginya intensitas curah hujan secara terus menerus baik siang maupun malam hari.
 
"Akibat banjir tersebut kegiatan aktivitas masyarakat menjadi terganggu bahkan nyaris putus karena ketinggian air mencapai 1 meter," terangnya.
 
Dalam peristiwa kepungan banjir ini,lanjut Kartim tidak ada korban jiwa dan kerugian tetapi kegiatan aktivitas masyarakat terganggu dan sebagaian kebun kelapa sawit dan kebun palawija masyarakat terendam air dengan ketinggian 1 meter lebih.
 
"Hasil pemantuan tim Kecamatan disejumlah lokasi yang terendam air akibat banjir tersebut, saat ini mulai berangsur surut.Tetapi masyarakat diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan bencana," pungkasnya.