ASAHAN - Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Asahan, Tanjungbalai Batubara (Astara) Tri Purnowidodo mengusulkan agar rumah dinas (Rumdis) Ketua DPRD Kabupaten Asahan dilelang. Usulannya itu diungkapkannya, saat ditemui Gosumut.com di Kisaran Kabupaten Asahan, Selasa (21/2/2023).

"Dari pada terbengkalai dan gak dipakai, bagus dilelang saja rumah dinas Ketua DPRD Kabupaten Asahan itu," cetus Tri Purnowidodo.

Pengacara kondang di Kabupaten Asahan itu sangat menyayangkan adanya fasilitas negara yang disia-siakan tak terpakai. Tentunya hal itu membuat rumah dinas tersebut semakin bobrok.

Katanya, menurut PP nomor 1 tahun 2023 atas perubahan PP nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administrastif pimpinan dan anggota DPRD, dijelaskan dalam Pasal 9 ayat (2) pimpinan DPRD disediakan perumahan negara dan perlengkapannya beserta kendaran dinas dan belanja rumah tangga.

"Kemudian di Pasal 13 ayat 1 juga tertuang bahwa rumah negara dan perlengkapannya disediakan bagi pimpinan DPRD. Fasilitas ini sudah ada, tapi malah dibuat mubajir," katanya.

Sambungnya, jikalau rumah dinas itu tidak sesuai standard, harus diketahui juga yang standard bagi Ketua DPRD Kabupaten Asahan itu seperti apa?.

"Kalau rumah dinas tidak sesuai standard, berarti Pemkab Asahan tidak mampu menyediakan fasilitas rumah dinas yang standar untuk Ketua DPRD Asahan," tutur Tri Purnowidodo.

Karena dianggap mubajir, Ketua Peradi Astara itu mengusulkan agar rumah dinas Ketua DPRD Kabupaten Asahan dilelang dan uangnya digunakan untuk kepentingan rakyat.

"Kan bagus dilelang, uangnya bisa digunakan untuk kepentingan rakyat. Bisa digunakan untuk pembangunan lainnya, daripada ngangkrak," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Gosumut.com, Rumah Dinas Ketua DPRD Kabupaten Asahan saat ini berkondisi tidak baik.

Tampak bangunan tak terawat dan kotor. Halaman rumah dipenuhi dengan tingginya rerumputan bahkan lalang.

Sementara, Sekretaris Dewan (Sekwan) Syahrul Efendi Tambunan saat hendak dikonfirmasi pada Kamis (23/2/2023) di Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan sedang tidak ada di tempat.

Di ruang Humas juga tidak ada pejabat yang bisa dikonfirmasi. Disebutkan bahwa Sekwan dan Humas sedang rapat di Kota Medan.

"Lagi gak ada bang, lagi rapat di Medan dari semalam," kata salah satu pegawai yang berada di ruang Humas DPRD Kabupaten Asahan.