TOBA - Ajang lomba olah raga diatas air F1 Powerboth tingkat Dunia yang akan digelar di perairan Danau Toba pada 24, 25 dan 26 Februari 2023 di Balige, akan diikuti 6 negara yang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah yakni Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan China. Parhelatan F1 Powerboat (F1H2O) di Danau Toba ini, diproyeksikan lebih dari 25.000 wisatawan yang akan hadir menonton langsung

F1H20 merupakan ajang kejuaraan dunia perahu motor (speedboat) dengan kecepatan mencapai 200-240 kilometer per jam dan telah diselenggarakan di 39 negara di dunia Internasional dari sejak tahun 1984.

Untuk pengamanan Kamseltibcar (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran arus Lalu Lintas) pada pelaksanaan kejuaraan F1H20 ini, Polda Sumut bersama dengan Polres Toba dan jajarannya melakukan rekayasa pengamanan arus lalulintas.

Untuk pemantauan pengamanan arus lalulintas dan Kamtibmas Polda Sumut menempatkan puluhan kamera pemantau di setiap sudut jalan jalan di kota Balige dan Janlinsum, Pelabuhan Mulia Raja Bige, lapangan Sisingamangaraja XII hingga di area pantai Danau Toba khususnya di area Veniu F1H2O guna memantau berbagai aktifitas warga dan wisatawan sebagai layanan pemantauan pengamanan bagi semua warga dan para wisatawan oleh pihak Polri.

Karo Ops Polda Sumut Kombes Viktor Togi Tambunan,S.H,S.I.K didampingi Wadir Lantas AKBP.Erwin Suwondo,S.I.K,M.I.K bersama Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dalam keterangan persnya kepda wartawan di ruangan CCTV Pemantau Lalu Lintas bertempat di Mess Pemrop Sumut Balige Senin, (20/02/2023) menyampaikan, untuk pengamanan even F1 Powerboth (F1H2O) yang akan digelar di Balige, Sumut Polda Sumut menggelar operasi kepolisian "Hopal Toba 2023".

"Dalam paksanaan operasi Polda Sumut menjamin situasi keamanan dan ketertiban dan situasi (Kamseltibcar) yang kondusif selama penyelenggaraan even," ujarnya.

Kegiatan yang diamankan bukan hanya evennya tetapi juga berbagai kegiatan masyarakat yang harus berjalan baik, aman dan lancar demikian juga saat even diselenggarakan nantinya,kesemuanya dipstikn harus berjalan baik, tertib, aman dan lancar, sebutnya.

Mengingat jumlah penonton dan wisataan yang akan hadir Polda Sumut melalui Dir Lantas Polda Sumut telah mempersiapkan dan melaksanakan rekayasa arus Lalu Lintas supaya kota Balige tetap kondusif.

Rekayasa lalu lintas sesuai perencanaan akan dilaksanakan mulai tanggal 24, 25 dan 26 Februari.

Rekayasa lalu lintas yang akan dilaksanakan nantinya, kenderaan dari Taput menuju Medan akan diarahkan petugas melintas dari jalan Balige Bypass, demikian sebaliknya. Karena kota Balige dilarang dimasuki kendaraan kecuali kendaraan warga kota Balige yang memiliki tanda khusus.

Untuk warga yang akan menuju kota Balige menonton akan diangkut dengan Suthel Bus gratis. Para warga atau wisatawan turun dan dingkut mulai dari Simpang jalan Balige Bypass Tambunan dan simpang jalan Balige Bypass di Longat menuju kota Balige.

Ditambahkannya, Polri berharap kepada seluruh warga dan wisatawan yang hadir untuk menyaksikan even F1H2O mengikuti berbagai petunjuk yang telah disiapkan serta petunjuk langsung dari para petugas dilapangan untuk diikuti.

Terkait berbagai pertanyaan dari warga dan wisatawan seluruh personil Polri dan TNI yang bertugas bersama berbagai instansi, akan melayaninya memberikan berbagai informasi dan arahan yang dibutuhkan.